Cara Hasilkan Uang dari Mobil Pribadi Selain Dijadikan Taksi Online

Panduan Pembeli

Cara Hasilkan Uang dari Mobil Pribadi Selain Dijadikan Taksi Online

Mobil pribadi sangat bisa menjadi sumber pendapatan. Cara menghasilkan uang dari mobil pribadi juga bervariasi.

Siapa yang tidak ingin punya lebih dari satu ‘kantong uang’? Dengan kemauan yang kuat dan usaha, ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan formal.

Untuk mereka yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah pandemi Covid-19, membuka usaha dengan memanfaatkan aset-aset yang dimiliki kadang juga menjadi pilihan.

Nah, salah satu aset yang bisa dimanfaatkan adalah mobil pribadi. Daripada menganggur di garasi atau terus-menerus menyedot pengeluaran, akan lebih baik jika dapat membuatnya mendatangkan uang, bukan?

cara menghasilkan uang dari mobil pribadi

Salah satu caranya adalah mendaftarkannya sebagai taksi online, dengan Anda sebagai pengemudi.

Di samping itu, ternyata banyak ‘jalan’ yang bisa diambil untuk menjadikan mobil pribadi Anda sebagai aset produktif, alih-alih aset konsumtif.

Artikel kali ini bakal membahas cara-cara menghasilkan uang dari mobil pribadi berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber.

Bagi yang memang sangat tertarik menjadi driver taksi online, akan dipaparkan pula cara mendaftar di dua platform paling populer di Indonesia yakni GoJek serta Grab menurut informasi di dalam situs resmi mereka.

5 Inspirasi Menjadikan Mobil Pribadi Sumber Uang

cara menghasilkan uang dari mobil pribadi

Mobil penumpang (passanger car) yang Anda miliki bisa dimanfaatkan menjadi ‘ladang uang’.

Berikut ini Mobil123.com sajikan beberapa inspirasi bagi Anda agar mobil pribadi tersebut menjadi lebih produktif lagi:

  • Didaftarkan Sebagai Taksi Online

Saat ini, sudah banyak yang menjadikan mobil pribadi sebagai taksi online. Cara ini tak hanya dilakukan oleh orang-orang dari berbagai latar belakang mulai dari eks driver taksi konvensional, mereka yang sedang tak punya pekerjaan tetap, para mahasiswa, bahkan juga pekerja kantoran.

Malah, Mobil123.com pernah menemukan orang yang mengaku telah mengundurkan diri dari pekerjaan formal demi menjadi driver taksi online.

Ada lagi beberapa orang yang mengaku sampai membeli kendaraan baru berharga murah dari segmen low cost green car (LCGC) dengan cara kredit agar dapat menjadi driver taksi online.

Kalau ingin lebih ‘cuan’ lagi, mobil yang digunakan sebagai taksi online dapat pula dijadikan ruang pasang iklan. Kabarnya, pendapatan tambahan dari sini bisa mencapai antara Rp400 ribu hingga di atas Rp1 juta per bulan.

  • Dipakai Berjualan Keliling Makanan, Minuman, atau Barang

Orang-orang Indonesia yang berdagang makanan, minuman, maupun barang di tengah pandemi Covid-19 makin sering terlihat. Entah itu sifatnya sampingan atau sebagai sumber pendapatan utama.

Mobil pribadi yang dimiliki dapat digunakan untuk mendukung usaha tersebut agar menjadi lebih dinamis. Anda bisa berkeliling ke berbagai lokasi yang dianggap strategis, kemudian parkir di titik yang aman serta ramai, lalu berjualan dari mobil dengan membuka lebar pintu belakangnya.

Biasanya, jenis mobil yang sering digunakan sebagai ‘pangkalan’ oleh para pedagang adalah multi purpose vehicle (MPV). Soalnya, selain bisa menampung banyak orang, keunggulan lain dari model-model MPV adalah kemampuannya memuat banyak barang.

cara menghasilkan uang dari mobil pribadi

  • Menyewakannya

Cara lain yang lebih pasif adalah dengan menyewakan mobil pribadi Anda. Misalnya saja kepada orang yang ingin menjadi driver taksi online, tapi tidak memiliki modal awal yang cukup untuk membeli kendaraan baru maupun bekas.

Tapi, jangan lupa, sebelum melepas mobil Anda secara temporer, periksa dan pegang salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dari si penyewa. Akan lebih bagus lagi jika Anda memastikan pula alamat rumah yang tertera di KTP benar-benar tempat tinggalnya.

Minta nomor telepon pribadinya sekaligus nomor kontak dari orang-orang terdekatnya seperti istri, anak, sahabat, kerabat, atau bahkan tetangga.

Peluang membuka rental mobil juga besar kalau Anda tinggal di wilayah yang memang menjadi tempat wisata favorit. Misalnya saja Bali atau Lombok.

  • Untuk Jasa Antar-Jemput Anak Sekolah

Mobil-mobil besar seperti MPV atau sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang juga berpotensi dijadikan moda transportasi antar-jemput anak sekolah. Jasa ini bisa ditawarkan misalnya kepada para tetangga yang tentunya sudah lama mengenal dan berinteraksi dengan Anda.

Usaha semacam ini akan lebih potensial jika Anda tinggal di perumahan.

  • Untuk Jasa Logistik Kecil-kecilan

Di tengah pandemi, dua jenis bisnis yang terangkat adalah jual-beli online maupun jasa logistik. Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan jasa logistik kepada keluarga atau jaringan pertemanan Anda.

Manfaatkan betul berbagai platform media sosial yang Anda miliki untuk mengiklankan jasa Anda.

Lakukan sedikit riset mengenai tarif jasa logistik di dalam kota dan kota-kota aglomerasi di sekitarnya seperti Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

Buat pula tabel harga untuk jasa kirim-antar yang Anda tawarkan, dengan memperhitungkan biaya operasional plus skala ekonomi yang sesuai. Jangan takut salah dan perbaiki tabel harga tersebut seiring pengalaman dan berjalannya waktu.

Cara Mendaftar Sebagai Driver Taksi Online

cara mendaftar sebagai pengemudi taksi online

Pendaftaran untuk jadi driver taksi online terbuka bagi semua warga negara Indonesia dengan usia 18-65 tahun dan punya kendaraan untuk dioperasikan.

Untuk GoJek, pendaftaran bisa dilakukan lewat aplikasi Go Partner yang bisa diunduh via PlayStore smartphone Anda. Sementara itu, pendaftaran di Grab bisa dilakukan dengan mengakses https://register.grab.com/id.

Syarat Kendaraan untuk Taksi Online GoJek

  • Usia maksimal mobil delapan tahun, dihitung dari tahun pendaftaran
  • Kapasitas mesin sekurang-kurangnya 1.000 cc
  • Bukan dari jenis mobil sport, pickup, double cabin pickup, convertible atau coupe

Syarat Kendaraan untuk Taksi Online Grab

  • Umur mobil tidak boleh lebih dari lima tahun, dihitung dari tahun pendaftaran
  • Mobil diutamakan berjenis MPV atau Family Car

Daihatsu Xenia bisa jadi mobil untuk taksi online

Sebelum mendaftar, ada dokumen-dokumen terkait identitas diri serta legalitas kendaraan yang harus Anda siapkan.

Rincian dokumen yang harus dibutuhkan dalam proses pendaftaran menjadi mitra GoJek atau Grab sendiri tak jauh berbeda.

Semua jenis dokumen yang dipaparkan di bawah ini bersifat wajib, kecuali ada keterangan sebaliknya.

Dokumen Pendaftaran Driver Taksi Online GoJek

  • KTP asli yang masih berlaku
  • SIM A / A Umum / D2 yang masih berlaku 
  • STNK Mobil Asli dengan status pajak lima tahunan yang masih berlaku
  • SKCK Asli / Legalisir
  • Buku rekening tabungan 
  • KEP (opsional, wajib disertakan jika ada) 
  • SKK (wajib disertakan untuk pendaftaran GoArmada)

Dokumen Pendaftaran Driver Taksi Online Grab

  • KTP
  • SIM A/B
  • SKCK
  • STNK termasuk Pajak Kendaraan
  • Kartu Keluarga
  • Buku Tabungan
  • NPWP (Tidak Wajib)
  • Surat Keterangan Sehat (hanya untuk pendaftar berusia lebih dari 50 tahun)

Jadi, bagaimana, apakah setelah membaca ini Anda tertarik untuk mendayagunakan mobil pribadi Anda untuk menghasilkan uang?

Mungkin, pilihan paling umum dan relatif mudah adalah menjadi driver taksi online. Kendati begitu, kembali lagi, opsi mana yang Anda pilih dari kelima poin pada pembahasan sebelumnya, sepenuhnya merupakan keputusan Anda.

Hal yang paling penting adalah serius menjalankannya agar tidak malah menjadi ‘buntung’, alih-alih untung.

Selamat mencari uang dengan mobil pribadi, ya, Mobilovers! [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar