Grab Indonesia Jawab Tuntutan Pengemudi Taksi Online

Berita Otomotif

Grab Indonesia Jawab Tuntutan Pengemudi Taksi Online

JAKARTA – Menyusul aksi penyampaian pendapat yang dilakukan oleh para pengemudi taksi online, Grab Indonesia mengaku bahwa pihaknya menghargai semua pendapat mitra pengemudi.

Hal ini dibuktikan dengan telah melakukan sedikitnya 5.000 pertemuan langsung dengan berbagai komunitas pengemudi Grab di Indonesia. Di area Jabodetabek, jumlah pertemuan tersebut dapat mencapai 80 kali setiap bulannya.

Grab pun mengaku bahwa akan menjaga kesejahteraan dan produktivitas mitra pengemudi. Peningkatan produktivitas mitra dihasilkan melalui kombinasi antara penyesuaian tarif serta teknologi untuk mendorong produktivitas.

Meski demikian, Grab Indonesia tetap tidak akan melakukan peninjauan ulang terhadap keputusan pemutusan hubungan kemitraan (blacklist) kepada mitra pengemudi yang terbukti melakukan tindakan kriminal dan melanggar kode etik Grab.

“Keputusan ini kami ambil sebagai bentuk keberpihakan kami terhadap seluruh pelanggan setia serta ribuan mitra pengemudi Grab yang bekerja secara jujur dan dirugikan karena tindak kecurangan sekelompok mitra pengemudi tersebut. Teknologi kami memungkinkan para pengemudi untuk mendapatkan penghasilan yang baik, dengan lebih efisien tanpa harus menggunakan cara-cara curang,” tutur Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia.

Lebih lanjut, Ia menegaskan bahwa sejumlah mitra pengemudi yang saat ini menuntut open suspend tanpa syarat tersebut sebagian besar telah mendapatkan amnesti atas tindak kecurangan serupa sebanyak 2 kali sejak tahun 2017 lalu.

“Namun sangat disayangkan kesempatan tersebut kembali disia-siakan oleh mereka dengan melakukan kembali tindak kecurangan serupa,” tambah Ridzki.

Tak hanya itu, Grab Indonesia akan melakukan sejumlah inovasi untuk meningkatkan keamanan yang sudah dan akan dinikmati oleh para mitra. 

Sebut saja kamera keamanan di dalam mobil mitra GrabCar yang sudah berjalan tahap uji coba di beberapa kota besar di Indonesia dan akan tersedia untuk semua mitra pengemudi di bulan Januari 2019. Kamera tersebut terintegrasi dengan layanan response center 24 jam, road assistance, asuransi kesehatan dan jiwa premium, diskon perawatan kendaraan dan  cicilan/tabungan ban mobil dan aki.

Selain itu pengemudi juga akan mendapatkan training offline dalam hal pelayanan, produktivitas, keamanan serta safety driving, perlindungan asuransi kecelakaan ddan jiwa serta potongan harga untuk servis kendaraan, asuransi motor, pulsa, hingga program Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar