BMW dan Mercedes-Benz Tak Ikut Detroit Auto Show 2019

Berita Otomotif

BMW dan Mercedes-Benz Tak Ikut Detroit Auto Show 2019

DETROIT – BMW memutuskan untuk tidak mengikuti Detroit Auto Show tahun depan, mengikuti langkah serupa yang diambil oleh kompetitor abadi mereka Mercedes-Benz.

Detroit Auto Show merupakan nama beken dari North American International Auto Show (NAIAS) yang secara rutin diadakan pada Januari setiap tahunnya. Namun, Detroit Auto Dealers Association (DADA) kini sedang menggodok rencana menggeser waktu pelaksanaan menjadi Oktober mulai 2020 dan mengubah format, konsep, bahkan nama pameran.

 BMW, seperti diwartakan Automotive News pada akhir pekan kemarin, dikabarkan memastikan bakal absen dari Detroit Auto Show 2019. Sebelumnya, pada Februari, Mercedes-Benz juga mengumumkan tidak ikut serta dari ajang ini tahun depan karena ingin mereview dan merevisi daftar pameran otomotif yang diikuti, sesuai dengan perencanaan produk masa depan mereka.

BMW pun mengemukakan alasan tak jauh berbeda dari Mercedes-Benz.

“Keputusan ini dibuat sejalan dengan langkah BMW Group mengkaji secara konstan kehadiran kami di pameran-pameran otomotif dan ajang lain sembari mencari platform dan format alternatif lain. Tujuannya ialah mengomunikasikan beragam ide plus rencana seputar mobilitas masa depan dengan strategi terbaik agar publik dapat benar-benar memahami berbagai produk, teknologi, hingga inovasi kami,” papar BMW dalam keterangan resmi perusahaan.

Detroit Auto Show dalam beberapa tahun terakhir kerap ‘kehilangan’ pabrikan-pabrikan besar. Pada edisi tahun ini  saja merek-merek seperti Porsche, Jaguar, Land Rover, Mazda, Volvo tidak terlihat.

Salah satu alasan yang kerap dikemukakan adalah biaya mahal untuk mengikuti pameran ini. Detroit Auto Show pun sudah mulai terusik oleh adanya Consumers Electronic Show yang juga diadakan pada bulan pertama setiap tahunnya di Las Vegas, membuat fokus pabrikan-pabrikan terbelah dua bahkan kadang mesti memilih.

Penampakan BMW di Detroit Auto Show 2018 sendiri relatif lebih simpel dibandingkan setahun sebelumnya, saat pabrikan asal Jerman ini memamerkan berbagai model kendaraan yang dimiliki merek-merek di grup mereka mulai dari sepeda motor BMW Motorrad sampai merek ‘ningrat’ Rolls-Royce. Pada tahun ini, BMW tidak memajang ‘kuda besi’ BMW Motorrad serta merek city car premium Mini. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual