BMW Siapkan Rp 118 T Demi Kembangkan Mobil Listrik dan Otonom

Berita Otomotif

BMW Siapkan Rp 118 T Demi Kembangkan Mobil Listrik dan Otonom

MUNICH – BMW menyiapkan dana lebih banyak di 2018 jika dibandingkan dengan tahun lalu untuk riset dan pengembangan mobil listrik dan mobil otonom. Ini menegaskan keseriusan mereka beralih dari mesin konvensional berbahan bakar minyak.

BMWseperti  diwartakan Automotive News baru-baru ini, menganggarkan hingga 7 miliar euro atau sekitar Rp 118,92 triliun untuk penelitian kedua teknologi tersebut. Rasio dana riset dan pengembangan tahun ini diperkirakan mencapai 6,5-7 persen dari penjualan. Dalam dua tahun ke depan, rasio tersebut diproyeksikan tetap berada di atas 5-5,5 persen.

 Pengumuman BMW menandakan bahwa kompetitor abadi Mercedes-Benz itu makin jor-joran untuk urusan mobil listrik serta mobil otonom. Sebagai perbandingan, pada 2017, BMW membenamkan 6,1 miliar euro atau Rp 103,63 triliun untuk tujuan ini yang artinya terjadi peningkatan 14,75 persen.

“Investasi kami meningkat hingga ribuan juta euro year on year . Uang itu akan digunakan untuk pengembangan versi terbaru dari model-model yang sudah ada, pun untuk kelanjutan pengembangan mobil listrik plus mobil otonom,” jelas pihak BMW dalam keterangan resmi mereka mengenai laporan tahunan.

BMW memiliki target meluncurkan 25 model mobil listrik pada 2025. Separuh darinya merupakan mobil listrik murni yang memakai baterai listrik plus sistem penggerak generasi kelima BMW. Mulai 2021, BMW berambisi mobil-mobil listrik murni mereka mempunyai jarak tempuh 700 km.

Sementara itu, untuk mobil plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), target jarak tempuh bagi mode 100 persen listrik adalah 100 km. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual