Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

SUV Buatan Cina Ini Jiplak Mercedes-Benz GLA

Berita Otomotif

SUV Buatan Cina Ini Jiplak Mercedes-Benz GLA

CINA – Giliran desain Mercedes-Benz GLA dijiplak oleh pabrikan mobil asal China dengan tampilan nyaris 100 persen sama atau kembar identik.

Di pasar otomotif Cina, mobil atau motor milik merek lokal yang terlihat identik dengan produk-produk luar negeri sudah jadi hal biasa. Salah satu kasus terheboh ialah SUV Landwind X7 yang diduga menjiplak desain Range Rover Evoque.

Contoh lain adalah Zotye T700 ‘kembaran’ Porsche Macan. MINI juga sempat menjadi korban karena desainnya diduga dicontek Lifan 3-Series.

Kini, pabrikan Cina Yu Jie Ma, seperti diwartakan Motor Authority beberapa waktu lalu, membuat SUV bernama K-One yang langsung mengingatkan para pecinta otomotif kepada Mercedes-Benz GLA. Desain grille, lampu, hingga bemper depannya amat identik dengan SUV Jerman tersebut.

K-One sendiri berpostur lebih kecil dibandingkan GLA. Panjangnya 4.100 mm, sedangkan lebar dan tinggi masing-masing 1.710 mm serta 1.595 mm plus sumbu rodanya 2.520 mm. Jika dibanding kan dengan GLA, panjangnya  mencapai 4.417 mm, lebar 1.804 mm, tinggi 1.494 mm serta sumbu roda 2.699 mm.

Yang menarik untuk disimak pada SUV kreasi Yu Jie Ma tersebut berbobot sekitar 1.400 kg ini adalah pada bagian sumber tenaga. Karena mobil ini dikabarkan mempercayakan sistem penggeraknya 100 persen motor listrik.

Motor listrik sendiri disuplai baterai lithium-ion produksi Harbin Coslight Power. Tidak disebutkan berapa kapasitas baterainya namun diklaim K-One dapat dipacu hingga kecepatan 102 km/jam.

K-One dilaporkan bakal diluncurkan oleh Yu Jie Ma tahun ini di Cina. Akankah Mercedes-Benz akan melayangkan tuntutan dengan urusan penjiplakan desain ini, nantikan kabar selanjutnya. (Xan/Ari)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang