SUV Buatan Cina Ini Jiplak Mercedes-Benz GLA

Berita Otomotif

SUV Buatan Cina Ini Jiplak Mercedes-Benz GLA

CINA – Giliran desain Mercedes-Benz GLA dijiplak oleh pabrikan mobil asal China dengan tampilan nyaris 100 persen sama atau kembar identik.

Di pasar otomotif Cina, mobil atau motor milik merek lokal yang terlihat identik dengan produk-produk luar negeri sudah jadi hal biasa. Salah satu kasus terheboh ialah SUV Landwind X7 yang diduga menjiplak desain Range Rover Evoque.

Contoh lain adalah Zotye T700 ‘kembaran’ Porsche Macan. MINI juga sempat menjadi korban karena desainnya diduga dicontek Lifan 3-Series.

Kini, pabrikan Cina Yu Jie Ma, seperti diwartakan Motor Authority beberapa waktu lalu, membuat SUV bernama K-One yang langsung mengingatkan para pecinta otomotif kepada Mercedes-Benz GLA. Desain grille, lampu, hingga bemper depannya amat identik dengan SUV Jerman tersebut.

K-One sendiri berpostur lebih kecil dibandingkan GLA. Panjangnya 4.100 mm, sedangkan lebar dan tinggi masing-masing 1.710 mm serta 1.595 mm plus sumbu rodanya 2.520 mm. Jika dibanding kan dengan GLA, panjangnya  mencapai 4.417 mm, lebar 1.804 mm, tinggi 1.494 mm serta sumbu roda 2.699 mm.

Yang menarik untuk disimak pada SUV kreasi Yu Jie Ma tersebut berbobot sekitar 1.400 kg ini adalah pada bagian sumber tenaga. Karena mobil ini dikabarkan mempercayakan sistem penggeraknya 100 persen motor listrik.

Motor listrik sendiri disuplai baterai lithium-ion produksi Harbin Coslight Power. Tidak disebutkan berapa kapasitas baterainya namun diklaim K-One dapat dipacu hingga kecepatan 102 km/jam.

K-One dilaporkan bakal diluncurkan oleh Yu Jie Ma tahun ini di Cina. Akankah Mercedes-Benz akan melayangkan tuntutan dengan urusan penjiplakan desain ini, nantikan kabar selanjutnya. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support