Telat Recall MINI Cooper, BMW Group Didenda

Berita Otomotif

Telat Recall MINI Cooper, BMW Group Didenda

WASHINGTON - Akibat terlambat melakukan penarikan kembali (recall) BMW Group didenda hingga US$ 40 juta atau sekitar Rp 549,8 miliar di Amerika Serikat. Sebelum BMW Group, Fiat Chrysler Automobiles dan Honda juga kena denda akibat masalah yang hampir serupa.

Perusahaan bermarkas di Munich itu didenda oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau badan keselamatan jalan raya Amerika karena dianggap gagal memenuhi ketentuan waktu recall dari 30.456 unit MINI Cooper model tahun 2014 dan 2015.

"Perusahaan harus mengambil kesempatan ini untuk mereformasi prosedur dan budaya untuk menempatkan keselamatan pada tempatnya," kata Administrator NHTSA Mark Rosekind seperti dikutip Auto News.

Denda ini sendiri bukanlah yang pertama dalam 3 tahun terakhir. Sebab di 2012 lalu BMW Group juga telah didenda US$ 3 juta karena masalah yang mirip.

Ada pun denda kali ini dikenakan pada BMW karena sebelumnya direkomendasi untuk mencegah penjualan MINI Cooper terbaru yang dianggap belum memenuhi regulasi keselamatan di AS.

Karena model itu gagal pada saat tes tabrak (crash test) pada Oktober 2014 dan mengatakan akan segera memperbaiki dengan cara merecall model itu secara sukarela untuk meningkatkan rating keselamatan mereka.

Tapi kenyataannya pada tes tabrak kedua di bulan Juli 2015, model ini juga gagal. NHTSA lalu menemukan kenyataan bahwa BMW tidak mengeluarkan kampanye recall dan segera meluncurkan investigasi pada bulan September.

BMW pun mengakui gagal memberitahu para pemilik dan dealer untuk melakukan penarikan tepat waktu.

"Perusahaan ini berkomitmen untuk lebih meningkatkan proses recall untuk lebih melayani para pelanggan. BMW NA menghormati peran NHTSA dan berharap untuk bekerja dengan mereka untuk mengembangkan solusi untuk masa depan," kata BMW dalam sebuah pernyataan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support