Konglomerat Cina Li Shufu Ternyata juga Pernah Ingin Beli BMW

Berita Otomotif

Konglomerat Cina Li Shufu Ternyata juga Pernah Ingin Beli BMW

JERMAN – Pergerakan konglomerat Cina Li Shufu untuk mengakuisisi saham pabrikan-pabrikan otomotif besar satu-persatu terungkap. Pemilik dari merek mobil Cina Geely itu ternyata juga sempat ingin membeli saham BMW.

Li pernah melirik BMW sebelum akhirnya membeli hampir 10 persen saham Daimler. Orang terkaya ke-10 di Cina itu dikabarkan pernah menawar saham BMW dengan iming-iming akses lebih mudah ke pasar Cina. Sebagai timbal-baliknya, Li meminta teknologi mobil listrik dari BMW untuk Geely.

Tidak diketahui, apa alasan BMW menolak sodoran uang dari Li. kompetitor abadi Mercedes tersebut malah berpartner dengan pabrikan Cina lain yaitu Great Wall Motor untuk memproduksi dan menjual mobil listrik di ‘Negeri Tirai Bambu’ bagi merek BMW maupun Mini.

Gerak-gerik Li bersama Geely dua tahun terakhir memang amat agresif. Tahun lalu, ia membeli 49,9 persen saham Proton plus 51 persen saham Lotus dengan total nilai 235 juta dollar AS atau setara Rp 3,23 triliun.

Ia kemudian mengakuisisi 8,2 persen saham pabrikan truk AB Volvo dengan modal yang tak disebutkan. Pada akhir Februari 2018, Li menyengget pula 9,69 persen saham Daimler berbekal mahar 9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 123,74 triliun.

Ia diketahui pernah pula dua kali berusaha membeli Fiat Chrysler Automobiles tahun lalu. Dana 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 275,07 triliun yang ditolak pada kesempatan pertama dinaikkan menjadi 22 miliar dollar AS, setara Rp 302,57 triliun. Dan  Jauh sebelumnya yaitu pada 2010, dia sudah terlebih dahulu mengakuisisi secara penuh saham Volvo Cars. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support