Harga Mepet tapi Lebih Canggih, Toyota Raize Bisa ‘Makan’ Toyota Rush?

Berita Otomotif

Harga Mepet tapi Lebih Canggih, Toyota Raize Bisa ‘Makan’ Toyota Rush?

JAKARTA – Harga Toyota Raize, yang berfitur canggih, diakui berdekatan dengan Toyota Rush. Toyota menilai mungkin ada calon konsumen Rush yang ‘pindah hati’ karenanya, tapi mereka percaya jumlahnya tak banyak.

Raize, SUV lima penumpang berharga Rp219 – 263 jutaan on the road Jakarta selama masa insentif PPnBM 100 persen, resmi meluncur di Indonesia lewat seremoni virtual pada 30 April 2021. Toyota terlebih dahulu menjual varian – varian bermesin bensin 1.0-liter turbo, sedangkan yang bermesin bensin 1.2-liter menyusul pada semester kedua.

Fitur keselamatan standar seluruh tipe Raize dapat dikatakan setara dengan Rush. Padahal, banderol Rush sebagai SUV tujuh penumpang termurah Toyota dimulai dari 240,5 juta on the road Jakarta di masa insentif PPnBM 100 persen.

Di Raize, juga ada sistem pengereman ABS+EBD, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, Alarm, Immobilizer.

Toyota Raize

Tipe tertinggi, dengan harga Rp263 jutaan, malah jauh lebih canggih dari Rush termahal yang sekarang berbanderol Rp260,8 juta. Raize tipe GR Sport TSS punya teknologi Toyota Safety Sense berisi fitur Pre Collision Warning and Brake, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), percaya mayoritas segmen konsumen antara Raize dan Rush berbeda. Raize lebih fokus ke pembeli mobil pertama dari kalangan milenial yang lebih muda ketimbang pembeli Rush, juga segmen pembeli mobil tambahan yang ingin kendaraan compact.

SUV compact Toyota Raize

“(Raize) masuknya ke generasi milenial, baru mulai kerja, dan baru menikah. Jadi, keluarga muda milenial. Beda dengan Rush yang sedikit lebih matang, lebih besar (jumlah keluarganya), lebih mapan. Lalu juga (Raize) sebagai mobil kedua yang lebih compact,” papar dia dalam konferensi pers peluncuran via Zoom.

Anton tidak membantah, ada potensi irisan konsumen di antara Raize dengan Rush. Tapi, ia percaya diferensiasi yang mereka buat untuk kedua model sudah cukup untuk membuat irisan tersebut tak banyak.

Toyota Rush

“Harapannya, kalau pun ada irisan, tak terlalu banyak. Jadi tetap menambah pasar,” tukas dia. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar