Banten Mulai Uji Coba Tilang Elektronik

Berita Otomotif

Banten Mulai Uji Coba Tilang Elektronik

JAKARTA - Ditlantas Polda Banten resmi melakukan uji coba e-tilang atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) di beberapa titik perempatan Kota Serang.

Ujicoba ini akan dilakukan pada 1 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021 sementara penindakan rencananya akan mulai diterapkan 1 April 2021. Hal ini disampaikan oleh Kombes Pol Rudy Purnomo, Dirlantas Polda Banten.

“Iya selama uji coba E-TLE ini kita masih memberikan himbauan saja kepada masyarakat, namun nanti di 1 April 2021 kita akan mulai berlaku E-TLE. Jadi bagi masyarakat yang melanggar lalu lintas akan kita lakukan tindakan tegas berupa tilang elektronik dan surat tilangnya akan kita kirimkan melalui pos kerumahnya,” tambah Rudy Purnomo.

Ia pun mengungkapkan saat ini Polda Banten masih memilik tiga titik CCTV yang sudah dipasang di beberapa titik. Jumlah tersebut rencananya akan terus ditingkatkan agar jangkauannya dapat menjadi lebih luas.

Banten Mulai Uji Coba Tilang Elektronik

“Saat ini kita masih memiliki tiga titik CCTV, yaitu yang berada di perempatan Ciceri, perempatan Sumur Pecung dan perempatan Pisang Mas. Namun Polda Banten berencana akan menambah titik untuk pemasangan CCTV tersebut. Pengawasan ini akan kami lakukan selama 24 jam dan menggunakan teknologi canggih sehingga masyarakat yang melanggar dapat terlihat jelas dari monitor kita,” jelas Rudy Purnomo.

Sementara untuk proses penilangannya pun tidak akan berbeda dengan proses tilang elektronik pada umumnya. Pihak Kepolisian akan mengirimkan dan bukti pelanggarannya. Pelanggar yang yang sudah menerima surat tilang tersebut akan diarahkan ke Polda Banten untuk mengikuti prosesnya dan pembayaran tilang melalui Bank BRI.

“Untuk itu kepada seluruh masyarakat yang berada di wilayah hukum Polda Banten agar selalu mematuhi aturan berlalu lintas, lengkapi surat-surat kendaraan anda serta lengkapi kelengkapan lainnya seperti helm, spion, lampu penerangan dan lain-lain,” tutup Rudy Purnomo.

Pihak Kepolisian memang tengah gencar untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas melalui penerapan tilang elektronik. Hal ini merupakan salah satu program kerja dari Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mulai menjabat pada akhir Januari 2021 lalu. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar