Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Aston Martin Heritage EV Concept, Model Klasik yang Dijadikan Mobil Listrik

Berita Otomotif

Aston Martin Heritage EV Concept, Model Klasik yang Dijadikan Mobil Listrik

GAYDON – Aston Martin menciptakan mobil konsep bernuansa masa lalu tapi berteknologi masa depan. Bahkan, mobil tersebut memanggul inovasi teknologi mobil listrik terbaru dari sang pabrikan.

Proyek tersebut, seperti diwartakan Carscoops pada pertengahan pekan ini, digarap Aston Martin Works. Adapun nama mobil purwarupa itu adalah Heritage EV Concept.

Heritage EV Concept berbasis model klasik DB6 MkII Volante 1970. Dari luar, mobil ini benar-benar tak ada bedanya dengan mobil klasik biasa, tapi tidak dengan teknologinya.

Soalnya, Heritage EV Concept diklaim Aston Martin sebagai kendaraan pertama dengan teknologi mobil listrik yang bisa dikembalikan ke mobil bermesin konvensional. Semua itu berkat sistem penggerak berdaya listrik baru yang mereka sebut sebagai ‘kaset’.

‘Kaset’ ini mengadaptasi hasil riset dan pengembangan Aston Martin untuk model Rapide E yang segera meluncur pada 2019. Sistem penggerak ini dapat ditaruh di dudukan mesin serta transmisi mobil-mobil klasik Aston Martin tanpa perlu memodifikasi sasis.

Sistem kelistrikan maupun sistem manajemen dapat dipantau melalui layar khusus yang dipasang di dalam kabin. Jika pemilik mau, sistem penggerak nihil emisinya dapat dicopot dan sistem penggerak asli DB6 MkII Volante 1970 bisa dipasang dengan relatif mudah.

Aston Martin membuat teknologi inovatif ini karena para pemilik mobil klasik mereka di masa mendatang bisa terancam dengan standar emisi gas buang makin ketat. Sistem penggerak bebas emisi yang bisa dibongkar-pasang diharap dapat menjadi solusi.

Pabrikan asal Inggris ini menyatakan bahwa Heritage EV Concept tidak akan diproduksi. Kendati begitu, mereka bersiap untuk memasarkan teknologi di dalamnya dalam waktu dekat, tepatnya pada tahun depan.

“Kami sangat menyadari tekanan lingkungan dan sosial yang mengancam pemakaian mobil klasik di masa depan. Rencana ‘Second Century’ kami tidak hanya menyangkut model-model baru, tapi juga memproteksi warisan sejarah kami. Saya percaya hal ini tidak hanya membuat Aston Martin unik, namun juga menjadi pemimpin dengan pemikiran selangkah di depan dalam hal mobil listrik,” ucap Andy Palmer, Chief Executive Officer (CEO) Aston Martin. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang