Sudah Ditemukan, Teknologi yang Bikin Mobil Listrik Cukup Dicas 5 Menit

Berita Otomotif

Sudah Ditemukan, Teknologi yang Bikin Mobil Listrik Cukup Dicas 5 Menit

YERUSALEM – Riset dan pengembangan mobil listrik semakin menemukan titik terang. Sekarang, teknologi yang memungkinkannya cukup dicas dalam waktu teramat singkat sudah ditemukan.

Perusahaan Israel StoreDot, seperti dilaporkan Automotive News pada awal pekan ini, telah berhasil membuat baterai kendaraan listrik pertama yang dapat dicas dalam waktu lima menit saja. Sebagai perbandingan, teknologi pengisian daya cepat (fast charging) di mobil – mobil listrik produksi massal saat ini sendiri masih membutuhkan waktu minimal puluhan menit dan itu pun tidak mengecas hingga penuh.

Sampel baterai lithium-ion canggih tersebut tidak StoreDot buat sendiri. Mereka menggandeng partner strategis dari China yaitu Eve Energy. Temuan mereka itu juga sudah didemonstrasikan di sebuah skuter dua roda.

Penemuan teknologi baru tersebut, menurut StoreDot dalam keterangan resmi mereka, membuka jalan untuk pengembangan prototipe baterai generasi selanjutnya. Material kelak adalah anoda yang didominasi silicon (silicon-dominant anode).


StoreDot berencana tidak lama-lama dalam menghasilkan purwarupa ini. Jika tidak ada halangan berarti, mereka akan bisa membuatnya pada akhir 2021.

StoreDot percaya baterai kendaraan listrik yang bisa dicas energinya hanya beberapa menit dapat mengatasi kekhawatiran besar para konsumen selama ini mengenai jarak tempuh maupun waktu pengisian daya. Ini disebut-sebut sebagai salah satu hambatan yang cukup signifikan dalam adopsi kendaraan listrik.

Sayangnya, para pakar di industri menilai baterai canggih seperti yang dibuat StoreDot kemungkinan belum bisa memenuhi skala keekonomian yang mencukupi untuk bisa diproduksi massal dalam waktu dekat.

“Penemuan ini adalah kemajuan positif besar bagi industri karena membuat fast charging kendaraan menjadi sesuatu yang lebih masuk akal bagi konsumen, sehingga mereduksi rintangan besar dalam proses adopsinya. Akan tetapi keunggulan ini bakal membutuhkan waktu untuk bisa hadir di publik,” pungkas David Watson, Chief Executive Officer Ohme Technologies.


StoreDot diketahui memiliki cukup banyak investor strategis. Nama – nama besar di industri teknologi, otomotif dan energi global seperti Daimler berani menanamkan modal di korporasi tersebut.

Daftar investor StoreDot antara lain adalah Daimler, BP, Samsung Ventures, maupun TDK. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar