Aston Martin DB5 Versi Film James Bond Diproduksi Terbatas

Berita Otomotif

Aston Martin DB5 Versi Film James Bond Diproduksi Terbatas

GAYDON – Aston Martin klasik yang kerap hadir di film-film James Bond akan benar-benar diproduksi dalam jumlah terbatas dan tentu saja dengan harga jual selangit.

Aston Martin itu tentu saja adalah DB5. Bond, karakter fiktif ciptaan Ian Fleming, menggunakan mobil ini pertama kali di film Goldfinger (1964).

Aston Martin, seperti diwartakan Bloomberg beberapa waktu lalu, hanya bakal menciptakan 25 unit DB5 versi film James Bond. Harga jualnya di Inggris kelak mencapai 2,75 juta pound sterling atau sekitar Rp 51,95 miliar.

Selain di film Goldfinger, DB5 tampil pula di film Thunderball (1965). Mobil sport legendaris andalan James Bond ini juga pernah tampil lagi di beberapa film setelahnya, termasuk On Her Majesty’s Secret Service (1969), Golden Eye (1995), Tomorrow Never Dies (1997), Casino Royale (2006), and Skyfall (2012). DB5 menemani misi-misi agen rahasia 007 dengan beragam perangkat seperti senapan yang keluar dari lampu belakang, tempat pelat nomor yang bisa berputar, hingga kursi lontar.

Beberapa unit DB5 yang pernah digunakan syuting sempat masuk pelelangan dan laku luar biasa mahal. Seperti misalnya DB5 di film Goldfinger yang laku 4,6 juta dollar AS (Rp 67,48 miliar) dalam sebuah lelang di London, Inggris.

Dibuat Semirip Mungkin
Aston Martin berjanji membuat DB5 semirip mungkin dengan yang ada di film. Bahkan, ke-25 unit DB5 ini bakal mempunyai fitur-fitur ala agen rahasia yang disebut-sebut bisa membuat Q, ilmuwan dan pencipta perangkat canggih di film-film James Bond, bangga.

Modifikasi DB5 versi lebih modern dilakukan oleh Aston Martin bersama Chris Corbould, supervisor special effect di delapan film James Bond terdahulu. Dengan demikian, DB5 rakitan ulang nantinya bisa lebih memiliki ‘aura’ Bond.

Banyak fitur tambahan yang masih dirahasiakan. Aston Martin baru mengungkap satu fitur yaitu tempat pelat nomor yang bisa berputar.

Seluruh unit DB5 terbaru dipastikan berwarna Silver Birch, seperti yang terdapat pada filmnya. Spesifikasi teknisnya sendiri akan dibuat seidentik mungkin dengan yang asli, dengan modifikasi secukupnya demi memastikan kualitas serta keandalan.

Pengiriman pertama akan dilakukan pada 2020. Sayangnya, DB5 yang dilahirkan ulang, dengan harga lebih dari Rp 51 milar, tidak legal digunakan di jalan-jalan umum Inggris. Perakitannya kelak berlangsung di Aston Martin Works di Newport Pagnell, Inggris.

“Mempunyai sebuah Aston Martin telah menjadi impian para penggila James Bond sejak lama. Tapi, memiliki DB5 berwarna Silver Birch dengan berbagai perangkat yang dibuat dengan standar tertinggi di tempat perakitan yang sama dengan mobil orisinilnya adalah fantasi terbesar para kolektor,” ucap Andy Palmer, President and Chief Executive Officer Aston Martin. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar