Apes, Kapal Pengangkut 3.500 Mobil Nissan Terbakar di Tengah Laut

Berita Otomotif

Apes, Kapal Pengangkut 3.500 Mobil Nissan Terbakar di Tengah Laut

YOKOHAMA – Kapal kargo pengangkut ribuan mobil Nissan terbakar di tengah laut pada malam tahun baru sehingga ditinggalkan oleh para awaknya.

Kapal pengangkut barang bernama Sincerity Ace tersebut, seperti diwartakan Associated Press dan Automotive News pada akhir pekan, membawa 3.500 unit mobil Nissan. Kapal yang dibangun pada 2009 ini berlayar dari terminal otomotif Nissan di Yokohama dan Kanda di Jepang menuju Honolulu, Meksiko, Puerto Rico, Florida, Virginia, Maryland.

Sincerity Ace sendiri berkapasitas muat 5.200 kendaraan dan ketika mengalami insiden sedang membawa 3.804 unit mobil penumpang maupun peralatan konstruksi. Sayang, belum diketahui model-model Nissan apa saja yang ada dalam muatan, demikian pula dengan merek dari 304 mobil kendaraan yang bukan Nissan.

Lebih lanjut, 21 kru terpaksa meninggalkan kapal dengan berbagai cara di tengah Samudera Pasifik karena kebakaran yang hingga kini belum diketahui penyebabnya. Sebanyak 16 orang dinyatakan selamat, empat orang terlihat mengambang di lautan dalam keadaan tidak responsif, sedangkan satu orang sisanya belum ditemukan.

Kapal tersebut sekarang dilaporkan masih terombang-ambing di tengah lautan tanpa awak. Pantauan terakhir pada 3 Januari 2019 waktu setempat, kapal kargo pengangkut 3.500 mobil Nissan masih terbakar.

Nissan Motor Corporation mengatakan tidak mengetahui kondisi terkini mobil-mobil yang berada di atas kapal. Pabrikan asal Jepang yang menjalin aliansi dengan Renault plus Mitsubishi itu juga menyatakan rasa belasungkawa terhadap para awak kapal.

“Kami tidak memiliki informasi mengenai kondisi kendaraan-kendaraan kami pada saat ini. Doa kami untuk para kru kapal beserta keselamatan seluruh tim penyelamat,” ujar Nissan dalam pernyataan resmi.

Sincerity Ace dimiliki oleh Shoei Kisen, yang mengatakan bahwa rencana penyelamatan kini sedang disusun dan kapal penarik telah dikirim. Kapal penyelamat akan pula digunakan untuk empat orang awak yang berada dalam kondisi tidak responsif. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support