All-New Suzuki Carry Bermesin Jimny Akan Diekspor ke 100 Negara

Berita Otomotif

All-New Suzuki Carry Bermesin Jimny Akan Diekspor ke 100 Negara

JAKARTA - All-New Suzuki Carry yang memakai mesin Suzuki Jimny akan diekspor ke luar Indonesia hingga ke 100 negara di masa depan.

Carry generasi terbaru mengaspal di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, 25 April - 5 Mei mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran otomotif tersebut sekaligus menjadi penampilan perdananya di seluruh dunia.

Shuji Oishi, Managing Officer Global Automotive Marketing Suzuki Motor Corporation, mengatakan bahwa Carry generasi lama telah diekspor dari Indonesia ke 59 negara. Generasi termutakhirnya sendiri bakal diperluas ekspor hingga ke ratusan negara.

“Di masa depan Carry terbaru akan diekspor ke 100 negara,” tandas dia menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela pameran.

Seiji Itayama, Presiden Direktur PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), menambahkan bahwa daftar negara tujuan serta kapan rencana itu terealisasi belum bisa dibeberkan. Begitu juga dengan proyeksi ekspor.

Setiawan Surya, Deputy Managing Director 4W SIS, menjelaskan bahwa untuk tahun ini ekspor Carry akan berjumlah 7.500 unit hingga akhir tahun. Sementara itu, penjualannya di Tanah Air ditargetkan paling sedikit 5.000 unit per bulan.

“Sebelumnya penjualan Carry kurang-lebih 4.300 unit per bulan. Dengan adanya model baru kami harapkan lari ke 5.000 unit. Jadi ada kenaikan sekitar 15 persen,” tandasnya.

Carry merupakan mobil pertama yang Suzuki rakit di Indonesia, yaitu sejak 1976. Sekarang, mobil pick up kecil itu diproduksi di pabrik Tambun, Bekasi.

All-New Carry yang baru meluncur lebih besar, tangguh, nyaman, maupun aman serta menggunakan mesin baru K15B 1.5-liter. Mesin dengan kode ini dipakai pula oleh Ertiga maupun Jimny generasi terbaru.

Hanya saja, baru Ertiga yang sudah dijual di Indonesia. Adapun Jimny, menurut eksekutif SIS, hampir pasti bakal meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, akhir Juli mendatang, dengan pemesanan yang sudah dapat dilakukan di Telkomsel IIMS 2019.

Menurut salah satu tenaga penjual dealer Suzuki, harga resmi Jimny belum ditentukan. Akan tetapi, estimasi harganya adalah Rp 300 juta-an atau berbeda jauh dengan banderolnya di pasar Thailand yang mencapai kisaran Rp 700 juta-an. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar