10 Mobil Konsep Terkeren di Frankfurt Motor Show 2015 [Bag. 1]

Berita Otomotif

10 Mobil Konsep Terkeren di Frankfurt Motor Show 2015 [Bag. 1]

FRANKFURT - Di jajaran pameran otomotif dunia, Frankfurt Motor Show adalah salah satu yang paling terkemuka. Deretan mobil baru antre untuk memulai debut mereka di arena. Begitu pula dengan jajaran mobil masa depan. Berikut 10 mobil konsep terkeren di Frankfurt Motor Show 2015.

Porsche Mission E concept
Porsche membuka selubung mobil listrik empat-pintu mereka di Frankfurt Motor Show 2015. Mobil dimaksud adalah Porsche Mission E concept. Lewat mobil ini, Porsche membayangkan memiliki mobil listrik futuristik di masa depan.

Porsche "Mission E" concept mirip dengan sedan empat-pintu pertama Porsche yakni Panamera. Hal itu mengapa mobil ini bisa disebut sebagai generasi baru sedan sport Panamera.

Interior menyuguhkan desain sangat mewah dengan kontrol inovatif. Sususan kursi sama dengan Panamera yakni bisa menampung empat penumpang.

Para insiyur Porsche merancang mobil ini dengan sistem all-wheel drive yang mendapat sokongan tenaga dari motor listrik yang mampu menyemburkan tenaga setara 600 Hp.

Dengan mode listrik, mobil bisa berjalan sejauh 500 km. Baterai lithium-ion bisa dicas lewat pengisian sekitar 15 menit untuk mencapai 80 persen. Klaim Porsche, dengan mode listrik penuh mobil bisa bergerak dari 0-100 kpj dalam hitungan 3,5 detik.

Nissan Gripz
Jika Anda masih penasaran seperti apakah generasi kedua Nissan Juke, maka boleh jadi Nissan Gripz menjadi petunjuk awal.

Dipamerkan di Frankfurt Motor Show 2015, Nissan Gripz mengandung kepribadian ganda: kendaraan yang bisa digunakan setiap hari di dalam kota dan kendaraan yang memberikan petualangan sejati ketika Anda pakai di akhir pekan.

Sosoknya mirip dengan mobil reli Nissan 240Z namun lebih tinggi. Nissan 240Z sendiri merupakan pemenang Safary Rally di era 1970 di kawasan Afrika.

Lekukan-lekukan tubuhnya sangat aerodinamis. Bagian depan menampilkan V-grille yang diapit oleh sepasang lampu (jarak jauh dan pendek) menyipit tajam.

Gripz terdiri dari 4 pintu samping, di mana kedua pintu belakang berengsel belakang. Konfigurasi joknya 2+2, dengan center console dan jok terinspirasi dari sepeda, sementara penarik pintu 'mencontek' sadel sepeda balap.  

Dimensi panjang tubuh 4100mm, lebar 1890mm, tinggi 1500mm, dan wheelbase 2580mm.

Bagian belakang terpangkas berkelir hitam memberikan efek 'codatronca' -- sports car asal Italia. Kedua pipa knalpot dari krom berbentuk rectangular. 

Nissan Gripz membawa teknologi EV (electric vehicle) dengan mesin bensin sebagai pemberi tenaga untuk motor listrik seperti di Nissan Leaf.

Gripz sendiri dilahirkan dari kolaborasi antara Nissan Design Europe (eksterior) di London dan Nissan Global Design Center Jepang (interior).

Bugatti Vision Gran Turismo
Bugatti belum kehabisan nafas. Meski Veyron sudah pensiun dan Chiron masih belum lahir, Bugatti ternyata tak kekuarangan mainan. Terbaru pabrikan ini memperlihatkan Bugatti Vision Gran Turismo.

Bugatti Vision Gran Turismo diperlihatkan di Frankfurt Motor Show. Dan harap tenang. Sebab ini bukanlah mobil yang akan dijual oleh Bugatti karena Bugatti Vision Gran Turismo hanyalah sebuah mobil konsep yang akan berlaga di permainan Gran Turismo.

Meski ini hanya sebuah mobil yang akan berlaga di video game, jangan berpikir Bugatti tidak serius mengembangkannya. Kepala desain eksterior Bugatti Frank Heyl mengatakan kalau mobil ini dibuat serealistis mungkin dengan garis desain yang sangat agresif.

Detail serupa juga bisa ditemui di interior yang datang fungsionalitas tinggi yang membuat pengendara terasa ada di kokpit mobil balap. Terlebih ada dua layar display untuk pengemudi. Layar pertama menampilkan informasi kendaraan yang relevan. 

Layar kedua terletak pada kolom kemudi yang menggabungkan gambar dari tiga kamera yang dipasang di bagian luar kendaraan untuk menyediakan driver gambaran yang lebih baik untuk pengalaman berkendara lebih aman.

Audi E-Tron Quattro
Audi meramaikan Frankfurt Motor Show 2015 dengan sebuah konsep SUV bertenaga listrik Audi E-Tron Quattro. Rencananya, SUV mewah ini akan mulai dipasarkan pada awal tahun 2018.

Audi E-Tron Quattro Concept dibuat untuk sangat responsif, ramah lingkungan dan cocok untuk pemakaian sehari-hari. Sebagai salah satu tuan rumah, Audi menawarkan tiga motor listrik, satu motor listrik menggerakkan roda depan, dua lainnya bertindak di bagian belakang.

Dalam keterangan resmi, total motor listrik menyemburkan tenaga 320 kW atau setara 429 Hp. Tenaga itu bertambah 50kW (67hp) berkat komponen turbo serta melontarkan torsi 800 Nm. Klaim Audi, mobil masa depannya bisa bergerak dari 0-100 kpj dalam hitungan waktu 4,6 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 210 kpj.

Motor listriknya disuplai dari baterai lithium-ion 95kWh yang tersimpan di bawah lantai. Jika baterai ramah lingkungannya terisi penuh, mobil diyakini bisa menjangkau jarak 310 mil (500 kilometer). Baterai dapat diisi ulang baik menggunakan DC atau AC.

Audi E-Tron Quattro mengandalkan modular longitudinal platform (MLB) dan dikawinkan dengan air suspension sport  dan sistem all-wheel steering yang biasa tersemat pada mobil-mobil kelas atas.

Sekedar pengingat AWS adalah teknologi ketika roda depan berbelok ke kanan sementara roda belakang berbelok ke kiri atau sebaliknya. Teknologi ini dibuat untuk mempertajam handling kendaraan.

Audi E-Tron Quattro adalah SUV 5-pintu berdimensi panjang 4.880mm, lebar 1.930mm dan tinggi 1.540mm. Body bagian belakang mengadopsi desain seperti coupe sehingga memiliki koefisien drag 0,25 dan diklaim terbaik di kelasnuya.

Desain body tambah atraktif dan menjadi perhatian lewat lampu jenis baru yakni Organic Light Emitting Diode (OLED).

Beberapa elemen OLED pencahayaan kecil juga tersebar di interior mobil salah satunya display OLED tersimpan di konsol tengah. Audi menjanjikan konektivitas LTE pada mobil ini. 

Hyundai Vision G Coupe
Hyundai membuktikan dirinya sebagai produsen yang bersaing dengan produsen-produsen mobil Eropa. Tengok Hyundai Vision G coupe concept yang kini menggemparkan Frankfurt Motor Show 2015.

"Vision G adalah mobil coupe premium pertama Hyundai. Meski styling berani dan kuat, konsep ini sengaja bersahaja, menciptakan keseimbangan kemewahan dan keanggunan yang akan beresonansi dengan pelanggan yang mencari gaya tanpa malu-malu," kata Peter Schreyer, kepala desain Hyundai.

Ungkapan Peter jelas bahwa mobil ini merupakan pendekatan karakteristik Hyundai Motor lewat desain dan performa kendaraan serta kemewahan pada para konsumen di setiap penjuru dunia.

Bahasa desain yang tersaji sangat sporty dan mewah. Bumper depan terbentang lebar dengan moncong menganga dengan konsep honey comb dan berpadu dengan lampu utama tipis.

Seperti dijelaskan Hyundai, untuk mewujudkan mobil ini harus melibatkan para insiyur cerdas dari Amerika Utara, Asia dan Eropa. 'Ksatria' adalah kunci dari tim agar mobil dihormati baik dari segi desain dan teknologi, salah satunya adalah pintu terbuka otomatis setelah teknologi mobil mengenali si pemilik.

Sementara interiornya dibuat semenarik dengan bahan alam berkualitas seperti kulit, kayu. Konsol tengah dan dashboard didesain mewah dengan perpaduan warna krem, cokelar dan silver. Anda bisa menemukan teknologi layar sentuh dan pengenalan gesture yang merespon gerakan tangan tanpa mengganggu pengendara.

Untuk gudang mesin, Hyundai mengandalkan mesin 5.0-litre V8 tenaga 420 Hp pada rpm 2.000 dan torsi 383 Nm pada rpm 5.000. Mesin ini disandingkan dengan teknologi direct injection demi mengejar kata efisiensi BBM. Mesinnya sudah tipe terbaru sehingga diklaim lebih senyap dan minim getaran lewat modifikasi pada timing chain.  [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support