Yamaha Tetap Libatkan Rossi untuk Kembangkan Motor

Berita Otomotif

Yamaha Tetap Libatkan Rossi untuk Kembangkan Motor

MADRID – Valetino Rossi tetap menjadi sosok penting bagi pengembangan motor Yamaha YZR-M1 2021.

Pembalap berjuluk The Doctor ini masih menjadi sosok yang menarik untuk diperbincangkan meskipun sudah jarang menorehkan prestasi di lintasan balap. Rossi yang telah mengumpulkan gelar juara dunia sebanyak sembilan kali, bukanlah pembalap sembarangan.

Karirnya di arena balap motor profesional telah mencatatkan berbagai rekor terhebat sepanjang masa. Bahkan dirinya kerap disejajarkan dengan legenda sebelumnya.

Dengan pengalamannya sebagai pembalap selama belasan tahun, Rossi kerap dimintai masukannya untuk pengembangan motor. Namun seiring performanya yang menurun, Rossi dianggap tidak cocok lagi untuk melakukan pengembangan motor. Bahkan beberapa waktu belakangan ini, Fabio Quartararo mengatakan ingin lebih didengar oleh Yamaha soal pendapatnya.

Boss Yamaha Lin Jarvis menegaskan bahwa setiap pembalap di pabrikan berlambang Garpu Tala tersebut memiliki porsi masing-masing. Namun bukan berarti Rossi dan Franco Morbidelli yang saat ini berada di tim satelit tidak mendapat perhatian khusus.
Yamaha Tetap Libatkan Rossi
“Fabio dan Maverick akan memimpin pengembangan motor. Namun di sisi lain, Rossi akan mendapat dukungan penuh dari pabrikan. Dia akan naik motor dengan spesifikasi yang sama dengan pembalap pabrikan. Benar memang Valentino akan lebih dipandu oleh tim pabrikan. Tapi Valentino masih menjadi bagian paling penting dari pengumpulan data kami,” ucap Jarvis.

Bicara pembalap satelit, Jarvis juga tidak ingin menganaktirikan Morbidelli. Sebagai pembalap satelit, pada MotoGP 2020, Ia menyudahi musim dengan catatan paling berprestasi diantara pembalap Yamaha lainnya. Morbidelli menyudahi musim di posisi runner up.

“Memiliki banyak pembalap di trek sangatlah penting dan tidak ada pertanyaan bahwa engineer kami akan melihat data Fabio, Maverick, dan Valentino untuk mengembangkan dan membuat kemajuan. Tapi kami juga mendapat informasi menarik dari Franky,” jelasnya kemudian. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar