Yamaha YZR-M1 di Tangan Cal Crutchlow

Berita Otomotif

Yamaha YZR-M1 di Tangan Cal Crutchlow

IWATA – Cal Crutchlow yakin bisa mengembangkan potensi tunggangan Valentino Rossi dan penunggang Yamaha lainnya.

Seperti diketahui bahwa pada MotoGP 2021, Cal tidak lagi bertarung dengan para pembalap. Hal ini dikarenakan, Cal memiliki tugas baru sebagai tester Yamaha tahun ini. Ia bertugas untuk mengembangkan Yamaha YZR-M1 yang akan digunakan oleh Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Cal yang telah berkecimpung di MotoGP selama 10 tahun terpaksa pensiun, karena tersisih dari tim LCR Honda. Ia tidak masuk dalam rencana pengembangan masa depan Honda karena umurnya juga sudah tidak muda lagi.

Membela Yamaha dan menggantikan posisi Jorge Lorenzo, Ia merasa bisa melakukan tugasnya dengan lebih baik. Baginya Yamaha YZR-M1 bukanlah barang baru. Pria berumur 35 tahun ini yakin motor berlambang Garpu Tala tersebut cukup kuat berdasarkan performanya musim lalu.
Yamaha YZR-M1
“Performa Yamaha M1 jelas sangat bagus karena bisa menang di Jerez. Padahal itu merupakan sirkuit yang sangat sulit. Motor ini juga menang di sirkuit lainnya  jadi jelas Yamaha selalu punya motor bagus. Namun Anda harus menemukan sesuatu yang bisa membuatnya lebih kompetitif,” ucap Cal Crutchlow seperti dikutip Motorsport.com.

Yamaha sebelumnya menugaskan Lorenzo untuk menjadi pembalap tes rider. Namun sejarahnya di pabrikan motor dengan ciri khas Biru tersebut tidak cukup baik, terutama dengan Rossi. Bersama Cal, Yamaha berharap bisa mengatasi masalahnya selama ini. Terlebih bermodalkan pengalamannya di Honda selama beberapa tahun.

“Kami akan menguji beberapa bagian dan aspek, mencoba meningkatkan kecepatan motor dan mungkin bisa memenangi sepersekian detik per putaran. Saya tidak bisa menilai lebih jauh dengan melalui apa yang saya lihat pada musim lalu. Terlebih ada empat pembalap, sangat sulit untuk menilainya, masing masing memiliki kendalanya,” jelasnya kemudian.

Sebagai pembalap, Cal memiliki cukup banyak pengalaman. Ia pernah membela Yamaha, Ducati dan Honda. Semoga hasil tes dari Cal mampu membantu Rossi dan kawan-kawan pada MotoGP 2021. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar