Wuling Masih akan Luncurkan Satu Produk Baru Tahun Ini

Berita Otomotif

Wuling Masih akan Luncurkan Satu Produk Baru Tahun Ini

JAKARTA – Wuling belum akan berhenti menggelar peluncuran pada 2020. Masih ada satu lagi, namun detailnya mereka tutup rapat-rapat.

Merek mobil asal China tersebut, pada 2020, baru meluncurkan satu model anyar yaitu Cortez CT Type S. Varian terbawah dari Cortez CT tersebut mengaspal pada 15 Juli 2020 dengan harga on-the-road Jakarta Rp 209 – 233 juta.

Danang Wiratmoko selaku Product Planning PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, ketika diwawancarai pada Selasa (21/7/2020) di Jakarta, sedikit membeberkan bahwa pihaknya belum akan berhenti. Menurut dia, masih ada lagi ‘inovasi produk’ pada 2020.

Sayang, ia tidak bersedia membuka lebih banyak mengenai produk yang akan mereka hadirkan pada semester kedua 2020. Lulusan Fakultas Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada ini juga menolak memberitahu waktu peluncuran secara lebih merinci.

“Untuk kapannya, kami belum bisa beritahukan. Lalu, inovasi produk itu, kan, belum tentu kami mengeluarkan produk yang sepenuhnya baru. Bisa jadi, itu pengembangan dari produk yang sudah ada tapi kami memperluas varian. Bisa juga menambah lagi teknologi yang sudah ada,” paparnya menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela On-Site Review Cortez CT Type S.

Danang mencontohkan soal penambahan teknologi perintah suara (voice command) canggih dan amat responsif di sport utility vehicle (SUV) Almaz Almaz pada 2019. Teknologi bernama WIND (Wuling Indonesian Command) tersebut bisa digunakan mengontrol berbagai macam aspek dalam kendaraan dengan bahasa Indonesia.

“Mungkin saja, tahun ini juga demikian. Masukan dari masyarakat, kan, banyak tuh. Siapa tahu ada yang bisa kami akomodasi,” tandas dia.

Sekadar mengingatkan, Wuling pertama kali masuk Indonesia dengan membangun pabrik pada 2015 di Cikarang, Bekasi. Pabrik selesai pada Juli 2017 dan penjualan mereka lakukan tak lama setelahnya.

Wuling sementara ini memasarkan empat model di Nusantara. Di samping SUV Almaz, terdapat pula tiga multi purpose vehicle (MPV) yaitu Confero, Cortez, Formo.

Spesifikasi maupun fitur Almaz ada di segmen medium SUV, tapi harganya menyenggol segmen di bawahnya yakni low SUV. Strategi yang sama diterapkan di model-model lainnya sebagai ciri khas Wuling. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar