Wuling Belum Incar 5 Besar Merek Mobil Terpopuler Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

Wuling Belum Incar 5 Besar Merek Mobil Terpopuler Indonesia Tahun Ini

JAKARTA - Wuling mengaku belum menargetkan masuk ke posisi lima besar merek mobil terpopuler di Indonesia pada tahun ini. Mereka masih mengincar posisi 10 besar seperti pada 2018.

Jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada 2018 Wuling berhasil ada di posisi sembilan merek mobil penupang plus mobil komersial terlaris, baik versi wholesales maupun retail. Akan tetapi, jika berbicara khusus mobil penumpang dan mengesampingkan merek-merek kendaraan niaga, Wuling ada di posisi keenam.

Status itu berhasil disambar dalam waktu singkat. Sekadar mengingatkan, Wuling baru mulai meluncurkan kendaraan pada 2 Agustus 2017 dan hingga 13 Agustus ini mereka sudah punya empat model yakni Confero, Cortez, Formo, serta Almaz.

“Kalau kita lihat, kan, sekarang untuk kategori khusus mobil penumpang kami ada di posisi keenam. Kami harapkan tahun ini kami bisa lebih memantapkan dulu keberadaan kami di posisi itu. Kami ingin lebih kuat dulu di posisi enam,” ucap Dian Asmahani, Senior Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Wuling baru punya model yang relatif sedikit yaitu empat. Jumlah tersebut belum cukup untuk naik tingkat.

“Kalau bicara jangka panjang, iya, pasti di Indonesia dealer dan produk kami akan bertambah lagi. Tapi kapan dan apa tunggu saja nanti. Kalau ngomongin tahun ini kami masih ingin mantapkan diri di posisi enam karena baru punya empat produk dan usia kami baru dua tahun,” papar Dian lagi.

Merek mobil asal China tersebut pada tahun bershio babi tanah ini ingin mempunyai 120 dealer di seluruh Nusantara. Realisasi target sudah lebih dari 100 dealer.

Pada Januari - Juni 2019 sendiri, Wuling masih menempati posisi enam merek mobil penumpang dan posisi sembilan merek mobil penumpang dan niaga. Penjualan mereka adalah 7.767 unit (wholesales) dan 8.825 unit (retail).

Merek-merek yang masih mengungguli Wuling adalah Toyota, Daihatsu. Honda, Mitsubishi Motors, Suzuki, Mitsubishi Fuso, Hino dan Isuzu. Namun, Wuling adalah satu-satunya merek mobil asal ‘Negeri Tirai Bambu’ di 10 besar. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support