Wuling Confero Sedang Diujicoba Sebagai Taksi Blue Bird

Berita Otomotif

Wuling Confero Sedang Diujicoba Sebagai Taksi Blue Bird

JAKARTA – Wuling Confero kini sedang diujicoba sebagai taksi Blue Bird. Jika semuanya proses berjalan lancar, Confero bakal mendampingi Toyota Avanza Transmover sebagai armada taksi baru Blue Bird.

Operator taksi konvensional terkemuka di Indonesia tersebut memang sedang mengincar multi purpose vehicle (MPV), khususnya yang sekelas dengan Avanza dan kawan-kawan, dalam peremajaan ribuan unit armada taksi mereka pada 2018. Sejauh ini, hanya Toyota yang sudah mencapai kesepakatan dengan Blue Bird untuk menyuplai Avanza Transmover.

Blue Bird menjelaskan bahwa pembicaraan juga terjadi dengan merek lain yaitu Wuling. Seperti diketahui, pabrikan asal Cina itu memiliki model pesaing Avanza yaitu Confero yang meluncur di Indonesia pada 2 Agustus 2017 dan harga on the road Jakartanya per Maret 2018 ialah Rp 132,3-169,4 juta.

“Kami selalu melihat dan mencoba berbagai jenis kendaraan yang memang memungkinkan dan sesuai dengan tipe kami. Semua agen pemegang merek yang punya kendaraan MPV untuk taksi, kami pasti akan pelajari,” ucap Direktur PT. Blue Bird Andre Djokosoetono menjawab pertanyaan Mobil123.com usai penandatanganan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata, Senin (26/3/2018) di Mampang, Jakarta.

Confero kini sudah masuk tahap pengetesan oleh Blue Bird.

“Baru di-trial. Trial secara teknis dulu saja karena kami, kan, juga harus mendapat feedback dari konsumen, penumpang dan lain-lain. Kami lakukan riset dulu,” terang Andre.

Sebagai informasi, MPV yang di Cina bernama Hongguang S1 tersebut sekarang sudah dipesan oleh operator-operator taksi di berbagai kota. Salah satunya ialah Express Group di Jakarta.

Pesaing Blue Bird itu memesan sekitar 150 unit Confero varian terbawah untuk dimodifikasi menjadi armada mereka. Selain di Ibu Kota, Confero juga menjadi taksi antara lain di Palembang, Sumatera Selatan plus Jember, Jawa Timur.

Confero pada tahun lalu mampu membuat Wuling membukukan wholesales 5.050 unit. Adapun wholesalesnya pada Januari-Februari tahun ini, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, ialah 1.120 unit.

Ditambah satu MPV lainnya yang meluncur Februari kemarin yakni Cortez, secara total badan usaha milik daerah di Cina itu mengirimkan 1.936 unit kendaraan ke pasar otomotif Nusantara. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support