Wuling Confero Transmisi Semiotomatis Diharapkan Jadi Varian Jagoan

Berita Otomotif

Wuling Confero Transmisi Semiotomatis Diharapkan Jadi Varian Jagoan

JAKARTA - Wuling Confero bertransmisi semiotomatis diekspektasikan sebagai kontributor penjualan utama model tersebut di Indonesia pada masa mendatang.

Seperti diketahui, merek asal China itu merilis Confero S ACT di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, 25 April - 5 Mei di JIExpo Kemayoran, Jakarta dengan banderol Rp 191,8 juta on-the-road Jakarta. Varian terbaru Confero ini mengusung teknologi Automated Clutch Transmission (ACT) yang meniadakan peran pedal kopling dan pengemudi pun dapat langsung mengganti-ganti gigi dengan tangan sembari mengistirahatkan kaki kiri.

Teknologi unik itu diharapkan mampu merayu para konsumen. Bahkan, Wuling memproyeksikan Confero S ACT kelak mampu menjadi penyumbang volume penjualan terbanyak ketimbang varian-varian lain low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut.

“Kami harapkan seperti itu. Semoga bisa menambah pangsa pasar dan proporsi penjualan kami di segmennya. Tapi saya belum bisa memproyeksikan berapa besar persentase kontribusinya karena teknologi ini masih relatif baru bagi masyarakat Indonesia. Pekerjaan rumah kami sekarang adalah memberikan edukasi dan pengalaman berkendaranya kepada mereka,” papar Dian Asmahani, Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela pameran.

Ada alasannya mengapa Wuling tidak langsung saja membuat dan menerjunkan Confero transmisi otomatis. Ini karena platform Confero di China memang tidak memiliki girboks otomatis.

“Untuk transmisi dan mesin sendiri kami masih mengandalkan kantor pusat karena di sini (Indonesia) masih belum ada fasilitas riset dan pengembangan. Platform asalnya di sana memang belum ada transmisi otomatis dan kami melihat di Indonesia pada MPV rentang harga di bawah Rp 200 juta transmisi manual masih menjadi kontributor paling besar. Jadi buat kami masih belum terlalu mendesak untuk mengembangkan Confero transmisi otomatis,” papar Dian menjelaskan dasar kehadiran Confero S ACT di sela-sela pameran.

Di samping Confero S ACT, Wuling merilis pula Cortez 1.5-liter turbo untuk melengkapi varian-varian sebelumnya dari medium MPV satu ini. Ada tiga tipe Cortez 1.5-liter turbo--satu bertransmisi manual dan dua bertransmisi CVT--dengan harga on-the-road Jakarta Rp 232 juta- 282 juta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar