1.200 Toyota Avanza Transmover Sudah jadi Taksi Baru Blue Bird

Berita Otomotif

1.200 Toyota Avanza Transmover Sudah jadi Taksi Baru Blue Bird

JAKARTA – Sebanyak 1.200 unit Toyota Avanza Transmover kini menjadi taksi baru Blue Bird dan jumlah itu masih bakal bertambah hingga akhir tahun.

Pembicaraan Toyota dan Blue Bird untuk menjadikan Avanza Transmover sebagai taksi sudah diketahui sejak akhir tahun lalu. Avanza Transmover sendiri meluncur pada November 2016 sebagai varian paling sederhana serta murah dan memang ditujukan untuk pasar fleet seperti taksi atau angkutan perkotaan.

Blue Bird, ketika diwawancarai usai acara penandatangan kerja sama dengan Kementerian Pariwisara pada Senin (26/3/2018) di Mampang, Jakarta mengonfirmasi bahwa kesepakatan dengan Toyota telah tercapai. Pihaknya pun sudah menerima pengiriman lebih dari 1.000 unit Avanza Transmover pada Januari hingga Maret tahun ini.

“Saat ini sudah ada 1.200 yang terkirim dan sebagian sudah beroperasi di jalan-jalan seluruh Indonesia. Sisanya masih dalam proses pengurusan," kata Direktur PT. Blue Bird Andre Djokosoetono menanggapi pertanyaan dari Mobil123.com.

Andre menambahkan, pihaknya masih akan melakukan pemesanan Avanza Transmover kepada Toyota dalam rangka peremajaan armada taksi mereka hingga akhir tahun nanti.

“Jumlahnya belum ditentukan. Kami melakukan peremajaan per tiga bulan, jadi nanti tiga bulan lagi baru tahu,” terang dia.

Andre tidak menyebutkan secara rinci total armada taksi Blue Bird yang akan mereka remajakan pada tahun ini. Dia hanya menyebutkan bahwa jumlahnya ribuan dan Blue Bird menurutnya membuka pula kemungkinan untuk menggunakan kendaraan low multi purpose vehicle (LMPV) dari merek-merek lain.

“Saat ini yang available Avanza Transmover. Kami belum tahu lagi apa karena agen pemegang merek, kan, juga sering ‘bergerak’ untuk kendaraan yang available, jadi kami belum tahu,” tandasnya.

Sebagai informasi tambahan, Toyota beberapa waktu lalu mengakui Avanza Transmover sedang dalam penjajakan untuk menjadi angkutan perkotaan anyar di sekitar Jakarta, menggantikan armada-armada lama. Selain model ini, ada juga LMPV dari Daihatsu, Wuling, plus Suzuki. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support