Wuling Baojun 530 Berpotensi Ganggu Toyota Rush Hingga Honda CR-V

Berita Otomotif

Wuling Baojun 530 Berpotensi Ganggu Toyota Rush Hingga Honda CR-V

JAKARTA – Wuling Baojun 530 berpotensi mengganggu segmen sport utility vehicle (SUV), mulai dari low SUV seperti Toyota Rush hingga kelas Honda CR-V Turbo, jika informasi sementara soal fitur dan harganya tak banyak berubah.

Baojun 530 diperkenalkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, awal Agustus kemarin di Serpong, Tangerang. Wuling, pabrikan asal China, sudah membeberkan rencana meluncurkannya tahun depan dengan nama berbeda serta harga jual mengejutkan.

SUV bermesin 1.5-liter turbo ini, menurut Wuling akan bermain di segmen medium SUV. Banderolnya memang belum diberitahukan, tapi akun Instagram @wulingsumareconbekasi memberitahu bahwa harga jualnya sekitar Rp 270 juta.

Strategi Wuling sejauh ini selalu memberi harga yang beririsan dengan segmen di bawahnya tapi dengan fitur berlimpah. Siasat tersebut membuat Baojun 530 berbahaya bagi segmen lebih rendah dan bahkan yang lebih tinggi.

Apalagi jika fitur-fitur Baojun 530 yang dipamerkan di GIIAS tak banyak dikurangi. Sebagai informasi, fitur-fiturnya adalah ABS, EBD, BA, ESC, TCS, HHC, ISOFIX, TPMS, EPB, Dual SRS Airbag, Rear Camera, Front Parking Sensor, Rear Parking Sensor, Electric Sunroof, Panoramic Roof, Keyless Entry, Start/Stop Button, Cruise Control, Multi Information Display, Audio Steering Control, USB Port dan 8 inch Entertainment System with Navigation.

Jika paduan tampilan, mesin, fitur serta perkiraan harga seperti prediksi di atas jadi kenyataan, bukan tidak mungkin Wuling Baojun 530 jadi predator ganas di lintas segmen SUV. Jangan lupa pula harga Rp 270 juta dari @wulingsumareconbekasi masih perkiraan dan mungkin bisa lebih murah dari prediksi, seperti yang terjadi pada Confero maupun Cortez.

Berikut ini adalah beberapa SUV yang menurut Mobil123.com bisa terancam oleh Baojun 530 kelak jika melihat kedekatan harga maupun perbandingan fitur.

Toyota Rush – Daihatsu Terios
Toyota Rush – Daihatsu Terios merupakan masuk dalam tiga besar SUV terlaris di Indonesia, apalagi setelah generasi terbarunya hadir akhir tahun lalu. Rush dan Terios bermesin bensin 1.5-l dengan harga on-the-road Jakarta Rp 240,05 – 261,4 juta bagi andalan Toyota serta Rp 248,4 – 250,3 bagi jagoan Daihatsu.

Honda BR-V, HR-V dan CR-V
Honda punya tiga produk yang terancam dengan kehadiran Baojun 530 kelak yaitu BR-V, HR-V serta CR-V. Ketiganya adalah gradasi model SUV andalan Honda yang cukup populer di Indonesia. 

Honda BR-V yang menggunakan mesin bensin 1.5-liter dipasarkan mulai Rp 236,5 Untuk Honda HR-V terdiri dari dua opsi mesin. Mesin 1.5-liter ditawarkan dengan varian-varian yang dijual dari Rp 279,5 juta sampai Rp 329,5 juta, sementara mesin 1.8-liter hanya satu tipe dengan harga Rp 395 juta dan fitur-fiturnya tak sementereng Baojun 530.

Sementara Honda CR-V Turbo juga bermesin bensin 1.5-liter turbo. Fitur-fitur keduanya pun cukup setara. Memang, kehadiran Dongfeng Sokon Glory 580 yang digadang-gadang bisa menghadang CR-V turbo belum terbukti. Tapi Wuling berbeda dengan DFSK karena sudah relatif lebih matang dari sisi citra, jaringan penjualan, serta purnajual.

Mitsubishi Outlander Sport
Mitsubishi Outlander Sport adalah medium SUV bermesin bensin 2.0-liter. Harga keempat variannya berkisar antara Rp 330 – 375 juta. Secara fitur, SUV satu ini tak lebih lengkap dari Baojun 530 di GIIAS 2018.

Nissan Juke
Nissan Juke adalah medium SUV dengan nilai jual Rp 301,7 – 330,9 juta dan mesin bensin 1.5-liter. Dengan kemunculan lebih banyak SUV 1.5-liter berharga lebih murah dan fitur bersaing saja, Juke lambat laut kedodoran. Baojun akan makin memuat Juke berkeringan dingin.

Masih ada lagi jejeran SUV yang bisa ketar-ketir oleh Baojun 530. Masih ada nama-nama seperti Suzuki SX4 S-Cross plus Chevrolet Trax. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support