Wuling Baojun 530 Punya Trik Agar Tak Saling ‘Memakan’ dengan DFSK Glory 580

Berita Otomotif

Wuling Baojun 530 Punya Trik Agar Tak Saling ‘Memakan’ dengan DFSK Glory 580

TANGERANG – Wuling Baojun 530 dipercaya tak akan berdampak negatif pada saudara senegaranya yaitu Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 580 meski keduanya bakal berada di satu segmen.

Baojun 530 diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, 2 – 12 Agustus di Serpong, Tangerang dan dipastikan meluncur tahun depan. Meski pemesanan resmi belum dibuka, Wuling mempersilakan konsumen yang tertarik dan ingin inden untuk mendatangi dealer.

Jason Din, Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, mengakui bahwa Baojun 530 bakal ada di segmen yang sama dengan Glory 580 yang sudah terlebih dahulu meluncur pada April 2018. Keduanya sama-sama bermain di medium SUV.

Kebetulan, keduanya sama-sama menyandang mesin bensin 1.5-liter turbo. Dimensinya pun hampir sama. Penelusuran Mobil123.com juga memperlihatkan bahwa fitur-fitur kedua model ini tak jauh berbeda.

“Mesin hanya satu dari sekian banyak elemen. Mesin 1.5-li turbo ini sudah terbilang jamak di China dan Indonesia untuk segmen medium SUV. Saya tak bisa katakan perbedaan keduanya terlalu banyak. Ukuran, performa keduanya mirip,” ucap Jason menjawab pertanyaan Mobil123.com mengenai cara Baojun 530 melakukan diferensiasi dengan Glory 580 di sela-sela GIIAS 2018.

Di sisi lain, ada aspek-aspek yang membuatnya menyasar profil konsumen berbeda jika dibandingkan dengan Glory 580 yaitu desain, ruang kabin, dan persepsi soal kualitas. Inilah yang akan dikomunikasikan oleh Wuling kelak.

“Ini tiga elemen kunci dalam strategi komunikasi kami. Pertama adalah desainnya yang stylish, kedua mengenai ruang kabin lega, dan ketiga soal persepsi kualitas tinggi. Publik nantinya bisa merasakannya dengan melihat, duduk di dalam, dan menyentuk berbagai bagian kabin. Mereka dapat merasakan mobil ini sangat premium,” papar Jason.

Perbandingan Singkat
Sebagai informasi, Glory 580 saat ini dijual dalam dua varian yang terdiri dari empat tipe yaitu Comfort 1.8-liter 6MT, Comfort 1.5-liter turbo CVT, Luxury 1.5-liter turbo 6MT, Luxury 1.5-liter turbo CVT dengan rentang harga Rp 245,9 – 308 juta on-the-road Jakarta. Fitur-fitur standarnya antara lain adalah ABS, EBD, EBA, ESP, GPS Navigation, Front Dual Air Bags, Immobilizer, Engine Burglar Alarm System, Vehicle Burglar Alarm System, Parking Sensor, Reverse Radar, Parking camera, Vehicle Running Recorder, Smart Screen+Cellphone Connection, Sunroof.

Baojun 530, di sisi lain, berdimensi sedikit lebih besar dari Glory 580. Adapun fitur-fitur dari model yang dipamerkan di GIIAS 2018 adalah ABS, EBD, BA, ESC, TCS, HHC, ISOFIX, TPMS, EPB, Dual SRS Airbag, Rear Camera, Front Parking Sensor, Rear Parking Sensor.

Sementara itu, fitur-fitur kenyamanan maupun hiburannya ialah Electric Sunroof, Panoramic Roof, Keyless Entry, Start/Stop Button, Cruise Control, Multi Information Display, Audio Steering Control, USB Port, 8 inch Entertainment System with Navigation. Belum jelas mana di antara semua itu yang kelak menjadi fitur standar Baojun 530. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar