Wow, Harga Mobil Balap Tua Penuh Luka ini Setara 1.000 Toyota Avanza

Berita Otomotif

Wow, Harga Mobil Balap Tua Penuh Luka ini Setara 1.000 Toyota Avanza

LONDON - Sebuah Bugatti Type 59 buatan tahun 1934 penuh goresan dan bekas luka ini masuk balai lelang dan diperkirakan akan terjual seharga $ 13 juta.

Berdasarkan kurs hari ini, banderol tersebut berarti mencapai Rp 189 miliar. Mungkin kira-kira setara hampir 1.000 unit Toyota Avanza atau mobil dengan harga sekitar Rp 200 jutaan.  

Harga yang benar-benar fantastis. Tapi ini merupakan sebuah nilai untuk menghargai sejarah yang pernah dilewati mobil tua ini.

Yang membuat istimewa dari Bugatti Type 59 penuh goresan dan luka ini adalah awal dari Buggati terjun dalam balap Grand Prix (GP) pada 1934-1935. Dikendarai oleh René Dreyfus, pembalap legendaris asal Perancis, mobil ini berhasil finis ke 3 di GP Monaco dan juara di GP Spa, Belgia.

Harga Mobil Balap Tua Penuh Luka ini Setara 1.000 Unit Avanza
Mobil ini dilengkapi mesin 8 silinder supercharger 3.25-liter dengan twin karburator Zenith dan transmisi manual 4 kecepatan. Kala itu, mampu menghasilkan 250 hp di putaran 5.000 rpm, cukup mengesankan pada jamannya. Type 59 juga dilengkapi rem tromol, axle depan yang kokoh, shockbreaker De Ram dan leaf spring atau per model daun berbentuk semi elips serta axle belakang aktif.  

Cerita berlanjut, ketika Bugatti mengundurkan diri dari balap dan GP, Type 59 dirubah untuk turun diajang balap mobil sport. Beberapa bagian dari mesin dilucuti, seperti melepas supercharger, mengganti gear box kering, merevisi bodi dan sasis dengan identitas baru 57248.

Harga Mobil Balap Tua Penuh Luka ini Setara 1.000 Unit Avanza
Pembalap asal Perancis legendaris lainnya yakni Jean-Pierre Wimille yang berada di balik kemudi Type 59. Dan berhasil mendominasi, menurut data dari rumah lelang mobil antik Gooding & Company, mobil ini mendominasi musim 1937.

Pada 1938, Type 1959 benar-benar meninggalkan ajang balap dan kemudian dibeli oleh Raja Leopold III dari Belgia. Sejak saat itu sang jagoan balap berubah menjadi mobil rumahan alias jadi barang koleksi.

Harga Mobil Balap Tua Penuh Luka ini Setara 1.000 Unit Avanza
Tercatat setelah Raja Leopold III, Type 59 telah dijual ke 4 pemilik lainnya. Yang menarik, tidak pernah mendapat sentuhan restorasi alias kondisinya tetap dipertahankan apa adanya. 

Hal ini tentu menjadi penanda sejarah mobil yang pernah berjibaku di banyak ajang balap bergensi kelas dunia dan bagi kolektor tentu menjadikan sebuah nilai tambah. Sampai berita ini diturunkan belum diketahui berapa harga akhir dari Bugatti Type 59 ini. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar