Mobil Hybrid Pertama Dunia Dilelang

Berita Otomotif

Mobil Hybrid Pertama Dunia Dilelang

FLORIDA - Karena belakangan tengah menjadi trend, sebagian dari Anda pasti mengira teknologi hybrid merupakan teknologi baru. Salah. Lihatlah Armstrong Phaeton 1896 yang sesungguhnya merupakan mobil hybrid pertama dunia ini.

Seperti diketahui, banyak yang percaya kalau teknologi hybrid merupakan salah satu alternatif untuk masa depan yang dipopulerkan oleh Toyota Prius, belasan tahun lalu.

Tapi ternyata, teknologi hybrid sudah dikenal lebih dari 1 abad lalu dan Armstrong Phaeton 1896 memadukan mesin konvensional dengan motor listrik.

Menurut rencana, mobil hybrid pertama di dunia ini akan dilelang oleh balai lelang Bonhams di Florida pada 10 Maret 2016. Perkiraan harganya US$ 175.000-275.000 atau sekitar Rp 2,2-3,5 miliar.

Armstrong Phaeton sendiri dirancang oleh Harry Dey pada akhir abad ke-19. Di jantungnya ada sebuah mesin bensin dua-silinder berkapasitas 6.5 liter yang ditemani dengan kekuatan listrik dari dinamo yang mengubah tenaga kinetis putaran roda belakang menjadi tenaga listrik.

Tenaga listrik dari dinamo itu kemudian akan mengisi baterai onboard serta suplai daya ke lampu listrik dan kopling listrik. Menariknya, Armstrong Phaeton 1896 yang dalam kondisi prima ini ternyata juga mengaplikasi sistem pengereman regeneratif sebelum teknologi itu menjadi mainstream. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual