Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Hybrid Pertama Dunia Dilelang

Berita Otomotif

Mobil Hybrid Pertama Dunia Dilelang

FLORIDA - Karena belakangan tengah menjadi trend, sebagian dari Anda pasti mengira teknologi hybrid merupakan teknologi baru. Salah. Lihatlah Armstrong Phaeton 1896 yang sesungguhnya merupakan mobil hybrid pertama dunia ini.

Seperti diketahui, banyak yang percaya kalau teknologi hybrid merupakan salah satu alternatif untuk masa depan yang dipopulerkan oleh Toyota Prius, belasan tahun lalu.

Tapi ternyata, teknologi hybrid sudah dikenal lebih dari 1 abad lalu dan Armstrong Phaeton 1896 memadukan mesin konvensional dengan motor listrik.

Menurut rencana, mobil hybrid pertama di dunia ini akan dilelang oleh balai lelang Bonhams di Florida pada 10 Maret 2016. Perkiraan harganya US$ 175.000-275.000 atau sekitar Rp 2,2-3,5 miliar.

Armstrong Phaeton sendiri dirancang oleh Harry Dey pada akhir abad ke-19. Di jantungnya ada sebuah mesin bensin dua-silinder berkapasitas 6.5 liter yang ditemani dengan kekuatan listrik dari dinamo yang mengubah tenaga kinetis putaran roda belakang menjadi tenaga listrik.

Tenaga listrik dari dinamo itu kemudian akan mengisi baterai onboard serta suplai daya ke lampu listrik dan kopling listrik. Menariknya, Armstrong Phaeton 1896 yang dalam kondisi prima ini ternyata juga mengaplikasi sistem pengereman regeneratif sebelum teknologi itu menjadi mainstream. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang