Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Kompresor AC

Panduan Pembeli

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Kompresor AC

JAKARTA – Mengganti oli kompresor AC sering kali menjadi sesuatu yang dilupakan oleh para pemilik kendaraan.

Padahal, mengganti oli kompresor AC seharusnya dilakukan rutin saat perawatan berkala. Hal ini perlu guna menjaga kompresor AC dapat bekerja secara optimal dan mengurangi resiko terjadinya kerusakan.

"Usia pakai kompresor umumnya 5.000 jam pada kompresor AC car passanger. Bila sudah 5.000 jam atau sekitar 1,5 – 3 tahun wajib melakukan pengecekan, seperti overhaule check. Di sini akan dilakukan pengecekan keseluruhan kompresor seperti medical check up untuk kompresor," ungkap Technical Service Departement PT Denso Sales Indonesia, Nur Indra.

Dalam pemeriksaan tersebut, pekerjaan pun harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang tepat. Pasalnya, pekerjaan yang tidak sesuai prosedur dapat menyebabkan jumlah oli di dalam kompresor berkurang . Akibatnya, usia pakai kompresor semakin pendek karena proses pelumasan pada kompresor berkurang. Biasanya, ditandai dengan (kompresor) bisa menimbulkan suara ngorok atau kompresor panas.

Salah satu karakteristik dari oli kompresor yaitu oli kompresor ikut bersirkulasi di dalam kompresor AC, artinya ketika refrigerant berbentuk gas, oli kompresor juga harus berbentuk gas. Ketika refrigerant berbentuk cari, maka oli kompresor harus berbentuk cair. Artinya, ketika kembali ke kompresor, wujud oli harus berbentuk gas. Bila bentuknya masih cair, maka kompresor akan rusak.

Patut diingat bahwa nyawa dari kompresor adalah oli. Untuk itu, takaran, jenis serta spesifikasinya pun tidak boleh salah agar menghindari oli berubah menjadi material keras dan membuat baret kompresor. Baret inilah yang membuat kompresor menimbulkan suara ngorok pada AC. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang