Tips Mencari Mobil Idaman Keluarga

Panduan Pembeli

Tips Mencari Mobil Idaman Keluarga

JAKARTA -  Sejak beberapa tahun belakangan mobil telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang di Indonesia. Bahkan mobil tidak dipungkiri adalah gaya-hidup.

Semakin maraknya kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap mobil tercermin dari data penjualan mobil baru, di mana sejak tahun 2012 hingga 2012 mencapai lebih dari 1 juta kendaraan (tahun 2012 merupakan tertinggi dengan 1,23 juta unit).

Di tengah serbuan mobil-mobil baru, pasar mobil bekas pun tak kalah menariknya dan menyajikan banyak pilihan. Mobil bekas menjadi alternatif bagi sebagian orang yang, katakanlah, tidak mampu membeli mobil baru atau memang dia mengincar mobil tersebut sejak lama.

Mobil bekas masih dianggap dapat menghemat uang dibandingkan mobil baru, namun itu pun jika kondisi mobil bekas Anda berkualitas dan siap pakai.

Mobil123.com sebagai portal otomotif nomor 1 di Indonesia menyajikan ribuan mobil baru dan mobil bekas yang dijual oleh ribuan dealer dan pedagang.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para calon pembeli sebelum mereka memutuskan meminang mobil bekas atau mobil baru.

  1. Pertimbangkan dengan matang jenis mobil, apakah yang cocok untuk Anda. Di dealer mobil baru dan bekas menyediakan mobil SUV, MPV, sedan, atau crossover. Beberapa pertimbangan Anda dalam memilih jenis mobil adalah jumlah anggota keluarga, siapa pemakai rutin mobil?, Kemana saja mobil akan dipakai?, dan lain-lain.   
  2. Jika Anda dan keluarga telah memutuskan untuk membeli salah satu jenis mobil, maka belilah mobil yang sesuai dengan kemampuan dompet Anda. Kami tidak menyarankan Anda memaksakan kehendak dengan membeli mobil baru atau mobil bekas secara kredit karena akan berpotensi menyulitkan Anda dan keluarga di masa depan.
  3. Jika Anda merasa yakin membeli secara kredit maka pilihlan perusahaan pembiayaan dengan mitra perusahaan asuransi yang bonafid. Pilih skema kredit mobil yang tidak mencekik Anda dengan cicilan relatif ringan dan tenor tidak terlalu lama.
  4. Lakukan riset melalui website-website otomotif terpercaya seperti Mobil123.com. Carilah sebanyak mungkin informasi mengenai mobil yang akan dibeli oleh Anda (contohnya tingkat keborosan, banyaknya keluhan, kemudahan akses membeli onderdil, banyaknya bengkel resmi dan umum yang bisa menangani, biaya perawatan, dan lain-lain)
  5. Bandingkan teknologi atau fitur mobil-mobil yang menjadi incaran Anda. Saat ini mobil-mobil dengan teknologi atau fitur modern seperti voice command, rear-view camera, dan kelengkapan fitur keselamatan wajib menjadi pertimbangan.  
  6. Saat Anda memutuskan suatu model mobil baru atau mobil bekas untuk dibeli, maka Anda dan keluarga wajib melakukan test drive, cobalah semua fungsi atau fitur mobil, duduklah sebagai penumpang dan rasakan kenyamanan. Dengarkan pendapat anggota keluarga Anda. Larikan mobil baru mobil bekas Anda di berbagai kondisi jalan.
  7. Kalau Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, tentu Anda harus mendengarkan suara mesin dan rasakan getarannya ketika idle. Saat mobil bergerak perhatikan bunyi-bunyi dan rasakan kaki-kakinya. Rem dan kopling jangan luput dari perhatian Anda. Tanyakan ke dealer atau pedagang mobil mengenai onderdil-onderdil apa saja yang telah diganti dan harus diganti.
  8. Belilah mobil baru atau mobil bekas dari dealer atau pedagang terpercaya. Tanyakan ke mereka apakah mobil diberi garansi atau tidak. Ada baiknya saat Anda membeli mobil bekas bergaransi.    
  9. Pastikan mobil bekas Anda tidak pernah terkena banjir, tabrakan, terlibat dalam tindak kriminal, dan lain-lain. Langkah ini bisa dicapai dari dealer mobil bekas terpercaya dan menanyakannya ke kepolisian.
  10. Resale value. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan terpenting sebelum beli mobil bau atau mobil bekas. Biasanya mobil-mobil dengan populasi banyak memiliki resale value bagus. Warna eksterior pun bisa memengaruhi resale value.

Demikian saran-saran dari kami dan semoga bermanfaat. Jangan lupa asuransikan mobil baru Anda. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual