Pentingnya Memeriksa Oli Transmisi

Panduan Pembeli

Pentingnya Memeriksa Oli Transmisi

JAKARTA – Menggunakan mobil bertransmisi otomatis memang memiliki banyak keuntungan. Keuntungan tersebut seringkali membuat para pemilik menjadi terlena dan lupa merawat mobil mereka.

Padahal, mobil dengan transmisi otomatis juga tetap harus dirawat terutama pada oli transmisi. Pada mobil matik, oli transmisi bertugas melumasi komponen dalam transmisi dan meneruskan gaya gerak dari mesin ke gigi percepatan transmisi. Perawatan oli transmisi ditujukan agar proses pelumasan dan transfer gaya gerak tetap berjalan dengan baik sehingga peforma dan daya tahan transmisi otomatis tetap terjaga.

Untuk merawat oli transmisi, cukup lakukan pengecekan terhadap jumlahnya secara berkala. Untuk melakukannya, cabut tongkat oli transmisi lalu perhatian dua garis yang berada di ujung tongkat. Dua garis tersebut menjadi indikator batas bawah dan atas untuk oli transmisi. Jumlah ideal untuk oli transmisi berada pada ketinggian garis batas atas.

Jika oli transmisi berada pada ketinggian kurang atau sama dengan bagian tengah batas atas dan bawah, pertanda harus segera ditambahkan dengan oli yang sesuai spesifikasi agar tidak mengakibatkan kerusakan pada sistem transmisi. 

Agar akurat, idealnya pengecekan oli transmisi dilakukan saat pagi hari sebelum mesin dinyalakan. Jika pengecekan dilakukan setelah mesin sudah hidup maka oli transmisi sudah bersirkulasi sehingga hasilnya kurang akurat.

Selain ditambahkan, oli transmisi juga harus rutin diganti. Waktu penggantian oli transmisi berbeda-beda pada setiap mobil dan biasanya dijelaskan pada buku manual. Namun, waktu pergantian bisa semakin capat bila mobil sering digunakan.

Gangguan
Di samping penambahan dan pergantian secara rutin, Anda juga perlu mewaspadai terjadinya yang berhubungan dengan oli transmisi. Misalnya saja kebocoran oli transmisi yang berasal dari packing dan seal transmisi, atau bahkan bak penampungan oli transmisi yang retak atau penyok karena terbentur polisi tidur atau benda lain saat mobil dikendarai.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihatnya dari adanya jejak tetesan oli pada saat mobil diparkir. Gangguan pada sistem transmisi otomatis juga dapat anda ketahui dengan memperhatikan peringatan berupa menyalanya lampu pada ikon gerigi (gear) atau munculnya teks “cek trans” pada indikator dasboard.

Apabila Anda menemukan salah satu indikator ini pada mobil, segera bawa mobil ke bengkel untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. [Adi/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual