Mobil di Kota Besar Harus Lebih Sering Ganti Oli

Berita Otomotif

Mobil di Kota Besar Harus Lebih Sering Ganti Oli

JAKARTA – Ada anggapan bahwa mobil di kota-kota besar harus menjalani pergantian oli lebih cepat dibandingkan dengan di wilayah lain.

Kondisi jalan di kota besar yang umumnya macet dianggap memiliki beban kerja lebih berat ketimbang di kawasan lain dengan jalanan lancar. Akibatnya, oli mesin kendaraan harus lebih cepat diganti dibandingkan dengan di kawasan lain.

“Beban kendaraan yang berjalan 20 km dengan waktu tempuh 30 menit tentu lebih ringan ketimbang kendaraan dengan jarak perjalanan sama namun menempuhnya dengan waktu 1 jam. Jadi boleh dikatakan, kendaraan tersebut sebenarnya sudah menempuh jarak 40 km karena mesin tersebut sudah bergerak lebih lama,” ungkap Indra Nugraha, Head of Retail Division Astra Autoparts.

Indra pun menambahkan bahwa ‘rumus’ ini disebut dengan running hours dan sudah umum digunakan pada kendaraan-kendaraan pertambangan. Perhitungan dilakukan berdasarkan lamanya waktu mesin bekerja. Namun untuk kendaraan penumpang, umumnya memang menggunakan jarak tempuh sebagai patokan.

“Tapi APM juga tetap mengingatkan untuk mengganti oli setiap 10.000 km atau 6 bulan mana yang tercapai terlebih dahulu. Nah ini yang menjadi kuncinya. Bisa saja mobil yang digunakan hanya menempuh perjalanan jarak dekat namun beban kerjanya lebih berat karena kondisi jalannya stop and go,” tambahnya.

Saat ini umumnya produsen otomotif menyarankan untuk mengganti oli setiap 10.000 km atau enam bulan sekali, tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Dengan mengikuti anjuran tersebut diharapkan mesin mobil tetap awet dan terjaga. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual