Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil di Kota Besar Harus Lebih Sering Ganti Oli

Berita Otomotif

Mobil di Kota Besar Harus Lebih Sering Ganti Oli

JAKARTA – Ada anggapan bahwa mobil di kota-kota besar harus menjalani pergantian oli lebih cepat dibandingkan dengan di wilayah lain.

Kondisi jalan di kota besar yang umumnya macet dianggap memiliki beban kerja lebih berat ketimbang di kawasan lain dengan jalanan lancar. Akibatnya, oli mesin kendaraan harus lebih cepat diganti dibandingkan dengan di kawasan lain.

“Beban kendaraan yang berjalan 20 km dengan waktu tempuh 30 menit tentu lebih ringan ketimbang kendaraan dengan jarak perjalanan sama namun menempuhnya dengan waktu 1 jam. Jadi boleh dikatakan, kendaraan tersebut sebenarnya sudah menempuh jarak 40 km karena mesin tersebut sudah bergerak lebih lama,” ungkap Indra Nugraha, Head of Retail Division Astra Autoparts.

Indra pun menambahkan bahwa ‘rumus’ ini disebut dengan running hours dan sudah umum digunakan pada kendaraan-kendaraan pertambangan. Perhitungan dilakukan berdasarkan lamanya waktu mesin bekerja. Namun untuk kendaraan penumpang, umumnya memang menggunakan jarak tempuh sebagai patokan.

“Tapi APM juga tetap mengingatkan untuk mengganti oli setiap 10.000 km atau 6 bulan mana yang tercapai terlebih dahulu. Nah ini yang menjadi kuncinya. Bisa saja mobil yang digunakan hanya menempuh perjalanan jarak dekat namun beban kerjanya lebih berat karena kondisi jalannya stop and go,” tambahnya.

Saat ini umumnya produsen otomotif menyarankan untuk mengganti oli setiap 10.000 km atau enam bulan sekali, tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Dengan mengikuti anjuran tersebut diharapkan mesin mobil tetap awet dan terjaga. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang