Volvo Beli Saham Startup Baru Demi Mobil Listrik

Berita Otomotif

Volvo Beli Saham Startup Baru Demi Mobil Listrik

CALIFORNIA – Volvo mengumumkan pembelian saham perusahaan rintisan (startup) FreeWire Technologies yang bergerak di bisnis pengecasan mobil listrik.

Akuisisi saham perusahaan asal California, Amerika Serikat yang baru berdiri pada 2014 alias baru sekitar 4 tahun beroperasi tersebut dilakukan melalui Volvo Cars Tech Fund. Pabrikan otomotif asal Swedia ini menggambarkan FreeWire sebagai ‘pionir dalam teknologi pengecasan cepat yang fleksibel untuk mobil listrik’.

“Untuk mendukung pergeseran menuju mobil listrik yang semakin meluas, masyarakat perlu membuat aktivitas pengecasan menjadi sesederhana mengisi bensin. Investasi kami di FreeWire adalah wujud nyata ambisi di area tersebut,” kat Zaki Fasihuddin, Chief Executive Officer (CEO) Volvo Cars Tech Fund.

Perusahaan besar yang menunjukkan ketertarikan pada FreeWire bukan hanya Volvo. Sebelumnya, pada Januari, BP Ventures sudah terlebih dahulu berinvestasi 5 juta dollar AS (Rp 75,97 miliar) di sana. Tidak disebutkan berapa nilai akuisisi saham FreeWire oleh Volvo.

Volvo menjadi salah satu dari sedikit pabrikan otomotif global yang bergerak sangat cepat di industri mobil listrik. Mulai 2019, Volvo hanya akan meluncurkan mobil  hybrid atau listrik murni.

Pabrikan yang dikuasai oleh raksasa otomotif China Geely ini menargetkan 50 persen penjualan mereka pada 2025 dikontribusikan oleh mobil listrik murni.

Lantas, bagaimana kondisi pasar mobil listrik dunia? Pada 2017, ada lebih dari 3 juta mobil listrik plus mobil plug-in hybrid di muka bumi menurut data International Energy Agency’s (IEA) Global Electriv Vehicles Outlook. Volumenya meningkat 54 persen jika dibandingkan dengan 2016.

China sendirian dapat menyumbangkan 580 ribu mobil listrik di antaranya tahun lalu. AS berkontribusi 280 ribu unit.

Data yang sama juga menjelaskan bahwa pada 2017 terdapat sekitar 3 juta alat pengecasan privat di rumah-rumah dan tempat kerja. Sementara, fasilitas pengecasan umum berjumlah sekitar 430 ribu. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar