Mercedes dan Geely Bikin Perusahaan Taksi Online Khusus Mobil Mewah

Berita Otomotif

Mercedes dan Geely Bikin Perusahaan Taksi Online Khusus Mobil Mewah

HANGZHOU – Geely dan Mercedes-Benz berkolaborasi membuat perusahaan patungan (joint venture) yang bergerak di bidang taksi online di China. Armada mereka akan terdiri dari model-model mobil mewah.

Saham perusahaan taksi online ini akan dibagi rata 50:50 antara Geely dengan Daimler, induk perusahaan Mercedes-Benz. Saat ini pendirian korporasi yang akan bermarkas di Hanzhou, China tersebut masih dalam proses.

“Perusahaan patungan ini akan menyediakan layanan taksi online di beberapa kota di China menggunakan mobil premium, termasuk—tapi tak terbatas—dari Mercedes-Benz,” ungkap Daimler dalam pernyataan resmi mereka.

Di awal, perusahaan taksi online itu bakal menggunakan tiga model Mercedes-Benz yakni E-Class, S-Class, V-Class. Infrastruktur peranti lunak taksi online dikembangkan secara bersama-sama oleh Geely plus Daimler.

“Pengembangan servis semacam ini, yang sebelumnya juga sudah didalami oleh kedua perusahaan, menjadi bagian dari transformasi kami dari sebuah pabrikan kendaraan menjadi grup teknologi otomotif global,” tambah Geely dalam pernyataan pers mereka.

Geely sendiri sebenarnya sudah memiliki layanan taksi online bernama CaoCao yang mempunyai lebih dari 17 juta pengguna terdaftar dengan 360 ribu perjalanan setiap harinya. Daimler pun mengoperasikan layanan serupa di sana dengan lebih dari 470 ribu konsumen.

Geely dan Daimler nantinya menghadapi raksasa taksi online ‘Negeri Tirai Bambu’ Dixi Chuxing. Pada 2017, Didi Chuxing tercatat memiliki 217 juta pengguna dan menguasai 90 persen pemesanan taksi online di China.

Kolaborasi kedua pabrikan terjadi setelah pemilik Geely, Li Shufu, membeli 9,69 persen saham Daimler pada awal pekan ini. Orang kesepuluh terkaya di China tersebut menjadi pemilik saham perorangan terbesar di Daimler. Geely juga menguasai seluruh atau mayoritas pabrikan-pabrikan otomotif lain seperti Volvo, Proton hingga Lotus. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar