Produsen Penyedot Debu Dyson Akan Rakit Mobil Listrik di Singapura

Berita Otomotif

Produsen Penyedot Debu Dyson Akan Rakit Mobil Listrik di Singapura

MALMESBURY – Produsen penyedot debu Dyson mengungkapkan rencana merakit mobil listrik di luar Inggris.

Rencana Dyson untuk memperluas bisnis ke industri otomotif, khususnya mobil listrik, sudah terungkap sejak tahun lalu. Saat itu, Dyson dikabarkan menyiapkan dana 2,7 miliar dollar AS (Rp 41,04 triliun) demi proyek ambisius mereka. Mobil listrik Dyson kelak bukan mobil sport, tapi  juga bukan kendaraan berbanderol relatif terjangkau semisal Tesla Model 3 atau Nissan Leaf.

Kini, korporasi asal ‘Negeri Ratu Elizabeth’ tersebut sedang bersiap-siap memproduksi mobil listrik di Singapura. Fasilitas perakitan akan mulai dibangun pada kuartal keempat tahun ini, sementara produksi baru dilaksanakan pada 2021.

Alasan memproduksi mobil listrik di  luar ‘rumah’ sendiri diklaim bukan gara-gara isu ‘British Exit’ (Brexit) yang berlarut-larut dan belum ada kejelasan. Sir James Dyson, sang pendiri perusahaan, mengaku hasil perundingan Brexit, apa pun itu nantinya, tidak membuat perbedaan untuk rencana bisnis mereka di industri otomotif.

Bagaimana pun, keputusan untuk tidak memproduksi mobil listrik di Inggris merupakan solusi yang membuat Dyson bisa lepas dari berbagai hambatan ekonomi. Mereka tak perlu bergantung pada rantai suplai komponen dari Eropa ke Inggris yang berpotensi tertahan atau terkena bea masuk di pelabuhan.

Dyson sendiri sebenarnya sudah memiliki operasi di Asia. Mereka hingga kini tercatat mempekerjakan 1.100 karyawan di Singapura, 1.300 orang di Malaysia, 1.000 pekerja di China, plus 800 jiwa di Filipina.

Tipe baterai yang akan digunakan Dyson belum ditentukan. Saat ini, mereka melakukan riset dan pengembangan baterai lithium-ion serta solid-state secara simultan.

Dyson pertama kali berdiri pada 1991. Di samping membuat dan memasarkan penyedot debut, mereka juga menyediakan alat pemanas ruangan, pengering rambut, pengering tangan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar