Video Detik-Detik Mobil Modifikasi Meledak Saat Dyno Test

Mobil Baru

Video Detik-Detik Mobil Modifikasi Meledak Saat Dyno Test

OGDEN - Sebuah mobil pick-up bermesin diesel yang telah dimodifikasi meledak saat sedang melakukan dyno test. Simak detik-detik kejadian yang terekam oleh video secara lengkap.

Kejadian ini terjadi di acara Weekend on the Edge 2020, yakni acara tahunan yang digelar untuk merayakan semua hal tentang mesin diesel. Penyelenggaran kali ini digelar di Orgen, Utah Amerika Serikat pada pekan lalu.

Salah satu kegiatan yang ditunggu pada event ini adalah dyno competition.  Termasuk untuk kelas pick-up/double cabin yang di Amerika Serikat cukup popular dan akrab disebut sebagai mobil jenis truck.

Pada satu kesempatan 1 unit pick-up bermesin diesel injection turbocharger mendapat giliran untuk dyno competition. Mesin mobil tersebut sudah dimodifikasi habis-habisan dan layak untuk menjadi peserta adu tenaga serta torsi dalam alat test ini.

Detail jenis truck dan modifikasi apa saja yang dilakukan pada mesin tidak disebut secara spesifik. Namun disebutkan modifikasi ini lain dari yang lain, tidak ada satu pun pick-up diupgrade seperti ini.

Pada pengujian dyno test putaran pertama, mesin dari pick-up ini disebut mampu menghasilkan tenaga hingga 2.920 hp. Sungguh luar biasa besar, namun hal ini tidak segera memuaskan para modifikator mobil tersebut.

Tim modifikator ini selanjutnya melakukan penyesuaian agar tenaga mesin bisa keluar lebih maksimal. Dan akhirnya diputuskan untuk menyempurnakan semburan NOS yang lebih besar dan siap melakukan dyno test kedua dengan hasil lebih maksimal.

Pada saat penguji di balik kemudi menekan pedal gas dalam-dalam, kejadian tergolong normal. Asap hitam pekat khas diesel keluar seiring dengan tenaga yang dihasilnya pick-up tersebut.

Kemudian pada saat mesin digeber untuk meraih catatan horse power tertinggi mesin tiba-tiba meledak dan kemudian mengeluarkan kobaran api. Beruntung tidak ada korban jiwa, crew yang ada di balik kemudi sempat lompat kemudian berlari menjauh dari mobil.

Dalam rekaman video tampak mesin terbalah dua. Bagian atas mesin terlontar sekitar 2 meter ke udara berikut dengan 2 turbocharger besar. Dan tak berapa lama tampak beberapa orang langsung menyemprotkan cairan pemadam pada api yang berkobar, mereka berusaha untuk menyelamatkan mobil terutama alat dyno test.

Lebih lanjut simak video berikut ini.

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar