Jendral Besar, Pick-up China Hasil Jiplakan F-150 yang Bikin Ford Berang

Mobil Baru

Jendral Besar, Pick-up China Hasil Jiplakan F-150 yang Bikin Ford Berang

CHANGPING - Foton, pabrikan mobil asal China menjilak mentah-mentah Ford F-150 Raptor dan diberi julukan Da Jiang Jun yang berarti The Big Jendral alias sang Jendral Besar.

Secara kasat mata, pick up double cabin ini sangat mirip dengan Ford F-150 Raptor. Jadi bukan sebuah bentuk gagal hasil modifikasi, melainkan benar-benar F-150 Raptor wannabe buatan Foton.

Lebih jauh, saat dicermati secara seksama, dari sisi dimensi mungkin ukurang sang Jendral Besar ini tidak lebih besar dari Ford Ranger. Jadi sejatinya agak lebih kecil dari F-150 Raptor.

Ford Berang, Pick-up Legendarisnya Dijiplak Pabrikan China dan Diberi Nama Sang Jendral Besar
Namun jika dilihat garis desain dan auranya, kita akan menemukan identitas dari F-150 Raptor di setiap jengkal ekteriornya. Seperti dari bagian depat terlihat dari headlight kota besar bertumpuk yang khas plus emblem pabrikan dengan bentuk besar, mendominasi grill bagian atas. 

Begitu juga desain bagian samping, benar-benar dijiplak secara otentik. Sayangnya belum ada bocoran gambar pada bagian lain dari Foton Da Jiang Jun ini. 

Bocoran lainnya yang muncul di dunia maya adalah sang Jendral akan dibekali dengan mesin tergolong kecil, jauh di bawah F-150 Raptor. Jika Raptor asli dibekali mesin V6 3.5-liter, sang Jendral kabarnya akan dilengkapi 3 mesin dengan kapasitas yang jauh di bawah.

Mesin pertama berbahan bakar bensin turbocharged dengan konfigurasi empat silinder berkapasitas 2.0-liter. Kabarnya motor penggerak ini memiliki tenaga 238 hp.

Sementara 2 mesin lainnya berbahan bakar diesel yang masing-masing berkapasitas 2.0-liter dan 2.5-liter. Sayang tidak dibeberkan berapa tenaga mesin atau spesifikasi lebih detail dari sumber tenaga ini. 

Lainnya, semua mesin kabarnya akan disandingkan dengan transmisi otomatis 8 kecepatan buatan ZF. Sementara untuk sistem penggerak, belum diketahui sang Jenderal Besar akan menggunakan gerak roda depan, belakang atau all-wheel drive.

Ford Berang, Pick-up Legendarisnya Dijiplak Pabrikan China dan Diberi Nama Sang Jendral Besar
Rencananya Sang Jendral sendiri akan tampil habis-habisan pada Beijing Auto Show 2020. Pameran otomotif terbesar China ini rencanaya akan digelar pada 26 September 2020 dan mungkin menjadi motor show terbesar di dunia yang digelar di masa pandemi Covid-19.

Terakhir, melihat aksi jiplak yang dilakukan Foton tentu menimbulkan reaksi dari Ford. Tentu mereka tidak bisa terima begitu saja urusan jiplak menjiplak desain. Jadi jangan kaget jika pabrikan besar asal Amerika Serikat ini akan mengajukan semacam tuntutan hukum atas hal ini.

Mungkin secara dimensi sang Jendral Besar tidak sebesar F-150 Raptor alias lebih kecil. Namun dari sisi desain, jelas terlihat bahwa pick up double cabin ini mengkopi alias menjiplak secara detail F-150 Raptor.

Jadi apakah sang Jendral Besar hasil contekan ini bakal terjerat kasus hukum?. Nantikan kabar selanjutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar