Unik, Mobil-mobilan Barbie Dream Camper Terkena Recall

Berita Otomotif

Unik, Mobil-mobilan Barbie Dream Camper Terkena Recall

WASHINGTON D.C – Recall (penarikan dan perbaikan massal secara gratis) umumnya berlaku bagi mobil sungguhan. Namun, ada satu kasus recall unik yang melibatkan mobil-mobilan bernama Power Wheel Barbie Dream Camper seharga lebih dari Rp 5 juta.

Kasus unik tersebut, seperti dikabarkan Carscoops baru-baru ini, terjadi di Amerika Serikat (AS). Power Wheel Barbie Dream Camper harus ditarik oleh Fischer-Price, produsen dan penjualan mainan anak di ‘Negeri Paman Sam’, dari pasar.

Penyebabnya adalah laporan bahwa benda tersebut berpotensi terus melaju meski anak yang mengemudikannya sudah melepas pedal gas. Fischer-Price, menurut keterangan Consumer Product Safety Commission (CPSC), sudah menerima 17 aduan mengenai permasalahan tersebut.

Sejauh ini tidak ada laporan cedera atau insiden fatal. Akan tetapi, Fischer-Price tetap melakukan recall sebagai langkah pencegahan.

Jumlah Power Wheel Barbie Dream Camper yang ditarik tak sedikit. Dari Juli tahun lalu sampai Januari ini, sudah ada setidaknya 44 ribu unit mobil-mobilan  yang terjual.

Mainan ini sendiri dideskripsikan oleh CPSC sebagai kendaraan berwarna ‘hot pink’ plus aksen biru yang dapat dinaiki dan mempunyai logo Barbie pada bagian belakang. Mobil-mobilan yang tampaknya menyasar konsumen anak perempuan ini terinspirasi dari kendaraan Recreational Van (RV) serta mempunyai dapur-dapuran, tiruan pemanggang yang dapat dilipat, hingga campfire rekaan.

Satu fitur menarik darinya adalah radio sungguhan yang disertai MP3 Jack. Ada pula rekaan sistem navigasi GPS dengan panduan suara dari Barbie.

Adapun harga jualnya adalah 400 dollar AS (Rp 5,59 juta). Para orang tua sudah diperingatkan agar tidak membiarkan anak-anak mereka mengendarai Power Wheel Barbie Dream Camper.

Mereka pun telah diingatkan agar menghubungi Fisher-Price dan berkomunikasi soal waktu dan lama perbaikannya. Mereka kemudian harus membawanya ke pusat service resmi Power Wheel dan di sana para teknisi sudah siap memasang pedal kaki plus komponen foot switch housing yang baru. Teknisi-teknisi ini juga akan melakukan inspeksi pada mainan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support