Hot Wheels Rilis Perangko untuk Rayakan Ulang Tahun ke-50

Berita Otomotif

Hot Wheels Rilis Perangko untuk Rayakan Ulang Tahun ke-50

WASHINGTON D.C – Hot Wheels, merek mainan mobil-mobilan kesohor, memperingati ulang tahun setengah abad dengan merilis perangko edisi khusus.

Hot Wheels pertama kali dirilis pada 1969 silam oleh produsen mainan Amerika Serikat (AS) Mattel. Adapun ‘bapak’ dari Hot Wheels adalah Elliot Handler, yang juga berperan penting dalam menghadirkan boneka mainan Barbie.

Hot Wheels hadir untuk menyaingi Matchbox, mainan mobil-mobilan (diecast) yang memonopoli pasar kala itu. Namun, jika Matchbox merupakan miniatur mobil yang beredar di pasar, Hot Wheels melakukan diferensiasi sebagai mainan mobil-mobil versi modifikasi.

Hot Wheels memenangi pertarungan dengan Matchbox. Bahkan, produsen Matchbox yakni Tyco Toys akhirnya dibeli Mattel pada 1997.

Perangko 50 tahun Hot Wheels, seperti diwartakan The Drive beberapa waktu lalu, tercipta melalui kerja sama dengan U.S Postal Service (USPS). Gambar-gambar di perangko tersebut juga spesial karena memperlihatkan memperlihatkan kreasi dengan desain terliar yang pernah dibuat oleh Hot Wheels.

Peluncuran perdana perangko 50 tahun Hot Wheels sendiri terjadi di Goodguys 26th Summit Racing Lone Star Nationals, penghujung September, di Texas Motor Speedway.

“Hari ini, USPS membuat sejarah dengan menghadirkan perangko bergambar mainan-mainan ikonik Hot Wheels yang menjadi bagian dari masa kecil saya juga. Kami membuatnya bersama partner kami Mattel yang merayakan ulang tahun ke-50 Hot Wheels. Karya seni berukuran kecil ini benar-benar menangkap keseruan dan kesenangan yang dibawa oleh mainan-mainan legendaris Hot Wheels. Mereka sekarang akan hadir sebagai ‘forever stamps’ di jutaan kartu dan surat,” papar Steve Monteith, USPS Marketing Vice President.

Setiap perangko edisi khusus Hot Wheels menampilkan satu gambar mobil-mobilan kesohor. Secara total, ada 10 mobil-mobilan yang diabadikan di perangko yaitu Purple Passion (1990), Rocket-Bye-Baby (1971), Rigor Motor (1994), Rodger Dodger (1974), Mach Speeder (2018), Twin Mill (1969), Bone Shaker (2006), HW40 (2008), Deora (1968), Sharkruiser (1987).

Perangko-perangko ini menyasar para penggila otomotif, kolektor Hot Wheels, atau pun pecinta perangko. Penjualan dilakukan secara online maupun offline. Sebanyak 20 lembar perangko dijual seharga 10 dollar AS (lebih dari Rp 152 ribu). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar