Uji Performa Daihatsu Terios di Perbukitan Gunung Kaba

Berita Otomotif

Uji Performa Daihatsu Terios di Perbukitan Gunung Kaba

BENGKULU - All-new Daihatsu Terios membuktikan performa terbaiknya ketika dipaksa melahap rute ekstrim di perbukitan Gunung Kaba. 

Hari ke-2 (28/4), penyelenggaraan Terios 7 Wonders tak kalah menantang dibandingkan hari pertama saat rombongan all-new Daihatsu Terios memulai perjalanannya di Bengkulu. Setelah berhasil menerabas banjir yang hampir mengepung wilayah ini, SUV (sport utility vehicle) 7-seater tersebut diuji lagi kemampuannya untuk menjangkau destinasi bidikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). 

Perjalanan dimulai dari Danau Tes di sekitaran Sungai Ketahun, tempat bermalam peserta Terios 7 Wonders pada hari ke-1. Laju 6 unit all-new Terios (terdiri dari 5 unit M/T dan satu unit A/T pun mengarah ke Air Terjun Tri Muara Karang. 

Namun, sebelum itu para jurnalis diajak melakukan kegiatan rafting. Adrenalin pun dipaksa mengalir kencang seiring derasnya aliran Sungai Ketahun. Setelah itu, baru lah Daihatsu Terios ini diajak melahap rute ekstrim menuju lokasi kedua tadi. Apalagi, beberapa titik mengalami longsor dan ditambah lagi Bengkulu baru saja mengalami hujan deras serta gempa bumi.

Menghadapi medan seperti ini khususnya di wilayah perbukitan Gunung Kaba, Daihatsu Terios mampu berbicara lebih. Ketika menemui jalanan dengan tikungan dan tanjakan curam, tenaga unit bertipe manual yang digunakan tak sekalipun kehilangan tenaga. Mesin Dual VVT-i berkapasitas 1.500 cc 104 hp di 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm cukup mumpuni. 

Padahal, beberapa kali pengemudi telat merespon tikungan langsung tanjakan patah. Meski perpindahan transmisi tidak tepat, Terios tetap bisa 'mendaki' dengan baik. Pengembangan PT ADM terhadap struktur kaki-kaki Terios juga memberikan pengaruh positif karena stabilizer pada kedua suspensi (depan-belakang) membuat pengendaliannya kian maksimal.

Usai melalui jalanan 'keriting' ujian terhadap Terios rupanya belum tuntas. Terios kembali disiksa untuk menjangkau titik pemberhentian terakhir sebelum ke air terjun. Pasalnya, Daihatsu Terios harus melalui beberapa rintangan. Seperti permukaan jalan licin perpaduan tanah basah dan rumput sampai jalan bebatuan dengan sudut kemiringan lumayan curam. Kesulitan itu pun terbayarkan setelah seluruh line up berhasil mencapai tujuan utama untuk perjalanan hari kedua ini. 

Di tempat ini rekan media membagi diri agar bisa menikmati sajian dari keindahan air terjun dan kolam air panas alami di kawasan tersebut. Keseruan perjalanan Terios 7 Wonders di Bengkulu masih akan berlanjut. Pastinya pula dengan tujuan tak kalah menarik dan menantang dibandingkan hari ini. [Ary/Ari]



Ary Dwinoviansyah

Ary Dwinoviansyah

Ary mulai bekerja sebagai seorang jurnalis otomotif sejak tahun 2008 dan sangat mencintai sepedamotor. Nonton MotoGP merupakan salah satu hobi untuk menghabiskan akhir pekannya. Dia juga memimpikan memiliki mobil Transformers.


Berita Utama


Komentar