Toyota Indonesia Luncurkan Alphard Facelift dalam Senyap

Berita Otomotif

Toyota Indonesia Luncurkan Alphard Facelift dalam Senyap

JAKARTA – Toyota akhirnya meluncurkan baru di 2020, setelah hampir dua bulan berlalu. Alphard menjadi model pertama yang mereka segarkan dan tanpa ada seremoni apapun.

Pada tahun ini, pasar perlu menunggu cukup lama untuk dapat melihat model baru Toyota. Padahal, pada 2019, merek ini sudah bergerak merilis All-New Camry maupun Avanza facelift sejak awal Januari.

Alphard, begitu juga variannya teratasnya Vellfire, mendapatkan minor change berupa fitur Toyota Safety Sense pada Februari 2020. Di samping itu, beberapa fitur menyangkut kenyamanan juga disempurnakan.

“Faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan hal yang selalu menjadi perhatian utama sehingga Toyota secara terus menerus melakukan improvement agar pelanggan tidak hanya merasakan kemewahan tapi juga perlindungan keselamatan yang makin optimal. Di awal tahun ini, kami memulainya dengan melakukan penyegaran pada Alphard dan Vellfire,” kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor melalui keterangan resmi pada Rabu (19/2/2020).

Toyota Safety Sense terdiri enam fitur canggih. Pertama adalah Pre-Collision System (PCS) yang akan memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan berkat sistem radar terintegrasi. Fitur PCS ini dapat secara otomatis mengurangi kecepatan, sehingga risiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.

Fitur kedua, Lane Departure Alert (LDA), akan sangat membantu pengemudi menghindari kecelakaan. Fitur ini akan secara otomatis memberi peringatan ketika kendaraan keluar dari jalur pada saat berkendara.

Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) menjadi fitur ketiga. Fungsinya membantu pengendara memantau keberadaan kendaraan lain yang ada di depan dan menjaga jarak aman. Kendaraan secara otomatis akan mengurangi kecepatan, bahkan melakukan pengereman jika radar menunjukkan jarak dengan kendaraan lain sudah tidak aman.

Sementara itu, fitur keempat yakni Automatic High Beam (AHB) sangat membantu pengemudi dalam perjalanan di malam hari. Fitur ini akan mendeteksi kendaraan dari depan dan secara otomatis akan mengurangi pencahayaan pada lampu jauh dan akan kembali menyala normal jika kendaraan dari depan sudah lewat.

New Alphard dan New Vellfire kini juga dilengkapi Tire Pressure Monitoring System (TPMS) sebagai fitur baru kelima, yang akan memberi peringatan bila tekanan ban rendah. Fitur ini akan sangat membantu pengguna untuk mempertahankan kenyamanan kendaraan dan juga dampak buruk yang mungkin terjadi pada ban dan velg jika tekanan ban rendah.

Terakhir adalah penguatan fitur Intelligent Clearance Sonar (ICS) yang semula hanya menggunakan 6 titik (2 di depan dan 4 di belakang) menjadi delapan titik (4 di depan dan 4 di belakang). Fitur ICS juga akan mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika terlalu dekat yang akan sangat membantu pengemudi saat parkir di ruang yang sempit.

Di sektor kenyamanan, ada penyempurnaan untuk  fitur Audio Head Unit (AHU) dan Rear Seat Entertainment (RSE). AHU, yang awal menggunakan layar monitor dengan lebar 8 inchi, kini menggunakan layar 9 inchi untuk varian 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HEV, sementara varian 3.5 Q menggunakan layar berukuran 10.5 inchi. Adapun layar RSE yang sebelumnya 10 inchi menjadi 13 inchi, bahkan varian 3.5 Q menggunakan layar 13.3 inchi.

Di samping itu, untuk melengkapi kenyamanan dan keamanan, fitur Inside Rear View Mirror New Alphard dan New Vellfire kini menggunakan teknologi Electric Mirror Gen 2. Jangkauan monitor yang lebih luas dan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan sebelummya saat menggunakan teknologi Full Digital Mirror. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support