Toyota Sudah Serahkan Mobil Dinas Baru Menteri ke Pemerintah

Berita Otomotif

Toyota Sudah Serahkan Mobil Dinas Baru Menteri ke Pemerintah

JAKARTA - Toyota sudah serahkan mobil dinas baru menteri-menteri Kabinet Kerja 2019 - 2024 ke Pemerintah, tak lama lagi bakal jadi pemandangan baru. 

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan mereka telah memenuhi kewajiban untuk mendistribusikan mobil dinas teranyar para menteri. TAM selaku agen tunggal pemegang merek lakukan pada akhir September.

“Unit Crown untuk menteri telah diserahterimakan oleh dealer pada 30 September,” ucap dia melalui pesan singkat kepada Mobil123.com pada akhir pekan lalu.

Sekadar mengingatkan, beberapa waktu lalu pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menggelar tender pengadaan 101 unit mobil dinas baru untuk para menteri atau pejabat setingkat itu. Pada 22 Agustus, PT. Astra International (AI) diumumkan sebagai pemenangnya.

AI, grup bisnis raksasa yang menjadi partner joint venture beragam merek mobil--termasuk Toyota--di Indonesia, belakangan diketahui berkoordinasi dengan TAM menawarkan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang diimpor utuh (Completely Built-Up/CBU) dari Jepang. Model inilah yang kemudian memenangi tender.

Auto2000 Pramuka
Auto2000, jaringan dealer terbesar Toyota di Indonesia, kemudian ditunjuk sebagai pihak yang mendistribusikan mobil kerja bagi para menteri. Riki Rusdiono, Koordinator Kepala Cabang Dealer DKI Jakarta Auto2000, dalam acara test drive mobil hybrid Toyota bagi konsumen pada akhir pekan lalu di Jakarta mengatakan bahwa unit-unit tersebut diberikan kepada Kemensetneg.

Tanggal itu, menurut dia, memang menjadi deadline yang harus dipenuhi oleh pemenang tender. Adapun penyerahan kepada masing-masing menteri atau pejabat setingkat menteri sudah merupakan ranah Kemensetneg.

“Distribusi kepada masing-masing menteri harusnya minggu depan (red: minggu ini),” tandas Riki.

Perihal servis mobil dinas menteri dipercayakan kepada Auto2000 cabang Pramuka, Jakarta Timur. Ini karena lokasinya relatif dekat dengan gedung-gedung kementerian.

“Layanan Toyota Home Service (THS) kami bisa datang ke gudang mereka atau ke tempat mobil perlu diperbaiki selama itu perbaikan maupun servis berkala ringan. Tapi, kalau sudah perlu alat-alat yang lebih canggih, pengerjaannya harus di dealer,” papar dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar