Para Menteri Jokowi Akan Pakai Mobil Dinas Baru, Anggaran Rp 152 Miliar

Berita Otomotif

Para Menteri Jokowi Akan Pakai Mobil Dinas Baru, Anggaran Rp 152 Miliar

JAKARTA - Tender pengadaan mobil dinas terbaru para menteri di era Presiden Joko Widodo telah rampung, dengan nilai anggaran lebih dari Rp 152 miliar. Mobil-mobil tersebut akan disuplai oleh PT. Astra International.

Hal tersebut diketahui dari dokumen pengumuman tender Pengadaan Kendaraan Menteri Negara/Pejabat Setingkat Menteri. Tender yang berstatus sudah selesai ini dicantumkan di situs Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) pada Rabu (20/8/2019) kemarin, namun bertanggal pembuatan 19 Maret 2019.

Dari dokumen, diketahui bahwa nilai pagu paket pengadaan mobil dinas menteri adalah Rp 152.540.300.000. Sumber dananya sendiri berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Syarat kualifikasi peserta tender cukup banyak. Di antaranya adalah perusahaan dan manajemen tidak dalam pengawasan pengadilan, tidak pailit, dan kegiatan usahanya tidak sedang dihentikan; tidak masuk daftar hitam; mampu menyediakan service station termasuk teknisi terampil dan kendaraan pendukung; mampu memberikan layanan perbaikan, layanan persediaan suku cadang, dan layanan derek 24 jam.

41 Perusahaan, yang Menang Astra
Terdapat 41 perusahaan yang mengikuti tender. Hanya empat di antaranya yang lolos kualifikasi dan dipersilakan mengajukan penawaran harga yaitu PT. Astra International, PT. New Ratna Motor, PT. Hadji Kalla, PT. Agung Automall.

PT. Astra International merupakan raksasa bisnis Indonesia yang menangani produksi, distribusi, atau pun jaringan dealer sejumlah merek seperti Toyota, Daihatsu, Peugeout, Isuzu. Sementara, tiga perusahaan lainnya dikenal sebagai mitra dealer Toyota di Indonesia.

Pemenang tender tersebut akhirnya adalah PT. Astra International. Harga hasil negosiasi adalah Rp 147.229.317.000, sementara Harga Perkiraan Sendiri (HPS) ialah Rp 147.312.469.200.

Sayangnya, tidak disebutkan mengenai jenis dan model kendaraan terbaru yang akan dipakai oleh para menteri nantinya. Beberapa model yang pernah digunakan oleh para pembantu presiden selama ini adalah Toyota Camry dan Toyota Crown Royal Saloon. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar