Toyota Sudah Rilis 7 Mobil Baru pada 2019 dan Itu Belum Semuanya

Berita Otomotif

Toyota Sudah Rilis 7 Mobil Baru pada 2019 dan Itu Belum Semuanya

JAKARTA - Toyota secara total sudah meluncurkan tujuh mobil sejak Januari sampai pekan pertama September 2019 dan belum akan berhenti.

Sienta adalah model terakhir yang mereka luncurkan. Tanpa seremoni dan hanya melalui keterangan resmi, Sienta facelift mengaspal pada Senin (2/9/2019).

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan masih ada beberapa model baru lagi yang masih dalam antrean. Tentu saja, identitas model-model tersebut masih disimpan rapat-rapat.

“Kami sedang mempersiapkan peluncuran 2 - 3 produk baru lagi,” ucap dia melalui pesan singkat.

Salah satu merek mobil terpopuler sejagad ini memulai serangan model baru pada 2019 melalui All-New Camry yang meluncur pada Januari. Kemudian, pada Februari, giliran Avanza facelift hadir.

Pada April, C-HR hybrid mengaspal. Toyota lalu memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 Juli untuk merilis tiga model anyar sekaligus yakni Toyota Supra, Fortuner TRD Sportivo facelift, plus HiAce Premio.

Meski Soerjopranoto tutup mulut mengenai peluncuran-peluncuran selanjutnya, satu calon model anyar yang ada dalam rencana bisa dipastikan adalah Prius PHEV. Pasalnya, dalam kesempatan berbeda beberapa waktu lalu, Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran TAM sendiri mengakui pihaknya sedang mengusahakan untuk bisa menjual kendaraan ramah lingkungan tersebut ke Indonesia mulai 2019 dengan mengimpornya secara utuh dari Jepang.

Kembali berbicara mengenai Sienta facelift, multi purpose vehicle (MPV) medium satu ini hadir tanpa kenaikan harga. Kemunculannya sendiri tak berselang lama setelah Toyota Thailand meluncurkan versi penyegaran untuk model yang sama.

Sienta yang dijual di ‘Negeri Gajah Putih’ sendiri didatangkan secara utuh dari pabrik Toyota di Indonesia.Sienta rakitan Indonesia juga dikirim ke beragam negara lain, termasuk ke Singapura yang mendapatkan versi berstandar emisi gas buang Euro 6 atau jauh lebih tinggi ketimbang standar emisi gas buang Nusantara yang saat ini baru ada di level Euro 4. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar