Toyota, Subaru dan Honda Ternyata Punya Konsumen Paling Setia

Berita Otomotif

Toyota, Subaru dan Honda Ternyata Punya Konsumen Paling Setia

CALIFORNIA – Toyota, Subaru, dan Honda ternyata memiliki konsumen  paling setia, ini berdasarkan sebuah studi terhadap pasar otomotif Amerika Serikat (AS).

Lembaga riset Edmunds, seperti dikutip dari Carscoops pada Selasa (13/3/2018), baru saja merilis Loyalty Report 2018 untuk mengetahui kesetiaan para konsumen di negara itu terhadap merek-merek roda empat. Riset dilakukan terhadap lebih dari 13,9 juta transaksi tukar-tambah kendaraan di pasar ‘Negeri Paman Sam’ dari 2007 hingga 2017, dari situ diketahui bahwa Toyota, Subaru serta Honda mempunyai konsumen terloyal.

Sebanyak 63 persen transaksi tukar-tambah Toyota bekas pada tahun lalu dilakukan untuk mendapatkan mobil baru bermerek sama, sedangkan Subaru serta Honda masing-masing mencatatkan 61 persen dan 60 persen. Di belakang tiga merek ini, ada Ram plus Chevrolet yang sama-sama membukukan 54 persen.

Hyundai, Kia, Nissan, Ford, Mazda mengisi peringkat enam hingga 10. Adapun tempat ke-11 hingga ke-20 dalam laporan secara berturut-turut diisi Jeep Jeep, Volkswagen, GMC, Buick, Mini, Fiat, Mitsubishi, Dodge, Smart, Chrysler.

Dua merek menunjukkan peningkatan jumlah konsumen loyal terbesar pada 2017 jika dibandingkan dengan 2007 yaitu Subaru (dari 45 persen ke 61 persen) serta Mazda (23 persen ke 44 persen). Sebaliknya, Mitsubishi, Dodge, dan Chrysler malah memperlihatkan penurunan jumlah konsumen setia.

Di segmen kendaraan premium, Lexus, Audi, plus Land Rover memiliki paling banyak konsumen loyal dengan raihan 51 persen, 47 persen, serta 40 persen. Mercedes-Benz serta Porsche menguntit di belakang mereka lewat raihan 39 persen dan 38 persen. Peringkat enam hingga 10 di kelas mobil mewah diduduki BMW, Cadillac, Acura, Lincoln, Volvo.

Yang tak kalah menarik, sport utility vehicle (SUV) kini menjadi segmen dengan konsumen paling setia di AS. Sebanyak 75 persen transaksi tukar-tambah SUV seken pada 2017 dilakukan untuk mendapatkan SUV baru, bukan kendaraan berjenis lain. Persentase tersebut juga merupakan yang tertinggi sejak 2007. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual