Mercedes-Benz Salip Toyota Jadi Merek Otomotif Paling Berharga

Berita Otomotif

Mercedes-Benz Salip Toyota Jadi Merek Otomotif Paling Berharga

LONDON – Mercedes-Benz berhasil menyalip Toyota menjadi merek otomotif paling berharga sejagad pada 2018. Data ini akan hal ini bersumber dari laporan dari Brand Finance.

Mercedes, seperti diwartakan Motor Authority awal pekan ini, berhasil meningkatkan nilai merek mereka hingga 24 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 43,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 604,63 triliun. Di sisi lain, nilai merek Toyota turun 6 persen menjadi 43,7 miliar dollar AS atau setara Rp 601,88 triliun.

Dengan hasil tersebut, Mercedes pun berhasil bercokol di peringkat satu. Adapun Toyota harus turun dari takhta ke posisi kedua.

BMW melengkapi tiga besar dengan valuasi 41,8 miliar dollar AS, sama dengan Rp 575,71 triliun. Nilai merek kompetitor Mercedes tersebut naik 6 persen dibandingkan 2017.

Laporan Brand Finance memaparkan tersalipnya Toyota oleh Mercedes turut disebabkan oleh performa yang relatif lebih lemah di pasar Cina, jika keduanya dibandingkan. Para konsumen di Cina disebutkan lebih cepat merespons merek-merek mewah daripada merek-merek Jepang.

Chief Executive Officer Brand Finance David Haigh mengatakan Mercedes-Benz adalah penemu otomotif dan sekarang memimpin industri melalui strategi merek yang fokus untuk meredefinisi otomotif.

“Sukses mereka dipicu oleh introduksi generasi-generasi termutakhir kendaraan mereka, dipimpin oleh pembaruan pada SUV dan evolusi yang halus dari mesin pembakaran dalam ke teknologi-teknologi lain,” ujarnya.

Peringkat empat sampai sepuluh sendiri secara berturut-turut ditempati oleh Volkswagen, Honda, Nissan, Porsche, Ford, Audi, dan Chevrolet.

Merek Cina Positif
Pabrikan-pabrikan Cina yang tersohor di negeri sendiri tapi tak terlalu bergaung di pasar global juga menunjukkan kenaikan valuasi. Ini diperlihatkan antara lain oleh Haval, Geely, BYD, Baojun, serta Foton.

Sementara itu, dalam hal kenaikan paling pesat, Aston Martin adalah juaranya dengan pertumbuhan valuasi 268 persen. Merek-merek lain yang menikmati lonjakan valuasi besar-besaran ialah BYD (211 persen), Haval (124 persen), Tesla (106 persen), Jaguar (105 persen), Smart (103 persen). (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual