Mitsubishi Xpander Akhirnya Lebih Laris dari Toyota Avanza

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Akhirnya Lebih Laris dari Toyota Avanza

JAKARTA – Mitsubishi sementara ini berhasil membawa Xpander menyalip pesaing terbesarnya, Toyota Avanza, di dua bulan pertama 2018 dengan selisih tipis.

Head of Sales and Marketing Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya kepada Mobil123.com mengungkapkan data internal yang menunjukkan wholesales Xpander di Februari menyentuh 7.400 unit, naik tipis 4,53 persen dibandingkan sebulan sebelumnya yang mencapai 7.079 unit. Sementara itu, wholesales Avanza turun 10,21 persen dari 7.543 unit di Januari menjadi 6.773 unit pada Februari.

“Kalau diakumulasikan, wholesales Januari-Februari Xpander 14.479 unit dengan pangsa pasar 29,6 persen di segmennya. Kelihatannya dari wholesales ini kami mengungguli Avanza. Avanza itu totalnya 14.316 unit dengan pangsa pasar 29,3 persen,” papar Imam ketika dihubungi Mobil123.com pada Senin (12/3/2018).

Xpander merupakan LMPV Mitsubishi yang mengaspal sejak Agustus 2017 dengan harga on the road Jakarta terkini Rp 194,1 - 250,4 juta. Mobil ini berada di segmen low multi  purpose vehicle (LMPV) yang diisi antara lain oleh Avanza yang telah memimpin selama 14 tahun, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina.

Meski akhirnya berhasil mengungguli kompetitor terberatnya, Imam mengaku fokus Mitsubishi saat ini bukan pada menjadi nomor satu, melainkan bagaimana secepatnya memenuhi inden pemesanan yang berjumlah lebih dari 55 ribu sejak meluncur hingga Februari tahun ini. Sejak Januari kemarin produksi ditingkatkan menjadi 7.000 unit per bulan dan ditambah lagi menjadi 9.000-10.000 unit mulai Februari termasuk untuk pasar ekspor.

Realisasi penjualan Xpander sejak mulai didistribusikan pada September tahun lalu hingga Februari 2018 pun menjadi sekitar 27 ribu unit.

Saat diminta konfirmasi, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor Fransiskus Soerjopranoto mengakui sementara ini Xpander memang berada di depan Avanza.

“Avanza kalah dari Xpander ya. Ini dinamika dan wajar karena model-model LMPV semakin banyak,” ujarnya kepada Mobil123.com melalui pesan singkat.

Pria yang akrab disapa Soerjo ini menambahkan bahwa tetap ada pelanggan setia Toyota yang memperhatikan layanan terbaik untuk kendaraannya. Pihaknya berharap performa Avanza dan model Toyota lainnya tetap mendapatkan tempat di hati pelanggan dan menjadi pilihan untuk calon pembeli. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual