Toyota Prius PHEV Meluncur di Indonesia, Jadi Taksi Online Dulu

Berita Otomotif

Toyota Prius PHEV Meluncur di Indonesia, Jadi Taksi Online Dulu

JAKARTA – Toyota Prius PHEV akhirnya meluncur juga di Indonesia. Akan tetapi, model ini belum dijual bebas dan untuk saat ini hadir sebagai taksi online.

Prius PHEV merupakan model baru Toyota di Indonesia yang peluncurannya tertunda. Awalnya, kendaraan ramah lingkungan yang luar biasa irit bahan bakar ini akan diluncurkan pada akhir 2019, namun rencana tersebut harus mundur sampai awal 2020.

Peluncurannya sendiri berlangsung di tengah teror pandemi virus Corona di ratusan negara, termasuk Nusantara. Tak heran, peluncuran hanya diumumkan melalui keterangan resmi pada Selasa (17/3/2020).

“Toyota akan terus memperluas pasar kendaraan elektrifikasi, baik melalui kehadiran produk baru maupun melalui program untuk semakin memopulerkan pasar mobil elektrifikasi di Indonesia. Selain memberi pilihan terbaik kepada konsumen, langkah ini adalah bagian dari komitmen Toyota dalam mendukung program pemerintah Indonesia,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), secara tertulis.

Sebagai informasi, pemerintah mulai 2021 memang akan memberlakukan insentif bagi mobil listrik, mulai dari hybrid, plug-in hybrid (PHEV), dan mobil listrik murni. Insentif-insentif fiskal maupun non-fiskal itu diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

Toyota sendiri sejak 2009 telah merilis empat mobil hybrid untuk model Alphard, Camry, C-HR, Corolla. Sejak awal hingga kini, total penjualannya lebih dari 2.600 unit.

Toyota akan lebih agresif lagi tahun ini di Tanah Air. Mereka sudah membocorkan rencana merilis mobil hybrid, PHEV, plus mobil listrik murni.

Mobil ‘hijau’ pertama tahun ini, Prius PHEV, belum dipasarkan ke konsumen individu. Fungsi perdananya di Tanah Air adalah sebagai taksi online.

“Kami berharap melalui kehadiran Prius PHEV yang diawali dengan kolaborasi bersama GoFleet sebagai perusahaan penyedia dan pengelola kendaraan untuk mitra driver transportasi online ini akan semakin memopulerkan kendaraan elektrifikasi sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan pengalaman berkendara dengan kendaraan elektrifikasi,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.

Spesifikasi
Prius PHEV ditopang mesin bensin 2ZR-FXE 1.8-liter berdaya 96hp dan torsi 142 NM yang dipadukan dengan motor listrik 1 NM/ISM 96 hp plus 142 Nm. Selain memiliki mode kombinasi keduanya, ada pula mode murni penggerak listrik dengan jarak tempuh 68,2 km.

Prius PHEV menggunakan baterai jenis Lithium-Ion Battery bervoltase 3.7 v per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315.5 volt. Kapasitas baterai tercatat 8.8 kW. Untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu 2 jam 20 menit jika menggunakan listrik dengan tegangan 220 Volt 16A.

Sistem hiburan didukung layar 8 inci. Untuk sisi keselamatan, mobil ini didukung berbagai fitur keselamatan dengan standar tertinggi di Toyota yaitu Toyota Safety Sense (TSS), Blind Spot Monitor (BSM), Hill-Start Assist Control (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Tire Pressure Warning System dan Vehicle Stability Control (VSC). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar