Test Drive 5 Mobil Hybrid Toyota: Super Irit dengan Konsumsi BBM Fantastis

Berita Otomotif

Test Drive 5 Mobil Hybrid Toyota: Super Irit dengan Konsumsi BBM Fantastis

DENPASAR - Seperti apa rasa berkendara dan konsumsi BBM mobil hybrid? Dua pertanyaan ini terjawab tuntas dengan sangat memuaskan dalam test drive mobil-mobil hybrid Toyota selama 3 hari, terbukti super irit.

Toyota membawa 4 mobil hybrid dan 1 mobil plug-in hybrid electriv vehicle (PHEV) untuk dijajal pada 9 - 11 Oktober 2019. Secara keseluruhan, ada tujuh unit yang tersedia. Rutenya tak main-main: Banyuwangi hingga Bali.

Sekedar mengingatkan, mobil hybrid dan PHEV sama-sama masih menggabungkan mesin konvensional dengan motor dan baterai listrik. Namun, di PHEV, baterai sudah bisa diisi dari sumber listrik eksternal. Daya baterainya pun umumnya lebih besar dari mobil hybrid biasa sehingga semakin mendekati mobil listrik murni.

“Perjalanannya sekitar 376 km. Totalnya sekitar 15 jam waktu perjalanan,” ucap Andri Widiyanto, Deputy Division Head Marketing Planning Division PT. Toyota Astra Motor (TAM) tak lama setelah pesawat rombongan mendarat di Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebanyak empat mobil hybrid Toyota sudah dijual di Indonesia yaitu Alphard, All-New Camry, C-HR, serta Corolla Altis. Sementara, 1 model PHEV adalah Prius yang rencananya meluncur pada akhir tahun ini. Grup Mobil123.com yang berisikan empat orang merasakan empat dari lima model yang tersedia yaitu All-New Camry, C-HR, Prius PHEV, serta Alphard secara berurutan.

Torsi Moncer dengan Beragam Mode Berkendara
Model-model hybrid maupun PHEV Toyota tersebut menyediakan mode-mode berkendara yang beragam. Ada Eco, Normal, maupun Sport. Rekan-rekan satu grup kompak mematok mode berkendara di model Normal demi mengetahui efisiensinya dalam kondisi biasa-biasa saja.

Di samping itu, semua model ramah lingkungan Toyota menyediakan mode EV City dan EV Only. EV City, jika diaktifkan, akan mengatur secara otomatis dan pintar penggunaan sistem penggerak mesin konvensional dan motor listrik.

Sepanjang pengamatan Mobil123.com, mesin tak terlampau sering aktif, apalagi di model PHEV. Mesin hanya menyala ketika mobil membutuhkan akselerasi atau dorongan lebih, atau untuk mengisi daya baterai listrik. Sebagai informasi, baterai juga dapat terisi dengan memanfaatkan tenaga yang dihasilkan dari deselerasi maupun pengereman.

Lebih lanjut, sepanjang perjalan, tak jarang hanya sistem penggerak listriknya yang aktif. Ini terjadi antara lain dalam kondisi stop and go maupun dalam kondisi diam (idle). Torsinya, oleh karena itu, lebih mumpuni ketika berakselerasi plus saat stop and go daripada versi mesin bensin model yang sama.

Konsumsi BBM Sampai Puluhan Km/Liter
Tak heran konsumsi BBM keempat model itu cukup gila dan mengesankan tanpa perlu eco driving. All-New Camry, sepanjang perjalanan dalam kota dari Bandara Blimbingsari Banyuwangi, De Djawatan, Dealer Auto 2000 Banyuwangi, sampai makan siang di Osing Ndeles Resto membukukan rata-rata konsumsi BBM 19 km/liter menurut MID yang sudah kami reset ke angka 0 terlebih dahulu di awal perjalanan.

C-HR juga demikian. Sejak berganti mobil ke model tersebut usai makan siang, ke Taman Nasional Baluran, makan malam di Rawon Bik Ati, hingga finis di El Royale Hotel Banyuwangi, konsumsi BBM pun menunjukkan angka 19 km/liter.

Prius PHEV lebih gila lagi. Mencoba di hari kedua dari El Royale menuju Pelabuhan Ketapang dengan kondisi baterai 100 persen terisi, konsumsi BBM sudah menunjukkan angka fantastis 0,1 liter/100 km (1.000 km/liter) dengan EV Driving Ratio 97 persen. Range konsumsi ini terjadi dalam jalan perkotaan yang lancar dengan jarak tempuh 17 km.

Setelah sampai di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, perjalanan dilanjutkan ke The Menjangan Resort yang masih berada di Gilimanuk. Konsumsi BBM Prius PHEV hanya terkoreksi, merosot menjadi 1,3 liter/100 km (76 km/liter).

Sebelum perjalanan dilanjutkan, tim Toyota menihilkan kembali semua angka konsumsi BBM rata-rata di MID. Perjalanan melibas medan menanjak pun terjadi menuju Bedugul, dilanjutkan dengan medan turunan untuk menuju Jimbaran untuk makan malam dan berakhir di Hotel Arya Duta, Kuta. Angka rata-rata di akhir perjalanan yang diberikan tim TAM adalah 55 km/liter yang masih sangat masuk akal jika melihat rekam jejak data pribadi yang dikumpulkan Mobil123.com sepanjang perjalanan dengan Prius PHEV.

Perjalanan di dalam kota Bali menjadi penutup hari ketiga, ditemani oleh versi hybrid dari Alphard. Rasa terkejut masih berlanjut karena konsumsi BBM lagi-lagi menunjukkan angka 19 km/liter! [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support