Toyota Ingin Ajak Porsche untuk Hidupkan Kembali Sepupu Supra

Berita Otomotif

Toyota Ingin Ajak Porsche untuk Hidupkan Kembali Sepupu Supra

TOKYO - Toyota mengaku Porsche adalah pabrikan otomotif yang mereka ingin ajak berkolaborasi, jika sewaktu-waktu mobil sport MR2 mereka ‘hidupkan’ kembali.

Toyota memang pabrikan mobil massal. Namun, mereka tetap memiliki mobil-mobil sport yang ikonik dan populer.

Selain Supra, mereka juga punya MR2 yang sudah disuntik mati lebih dari satu dekade lalu. Setelah Supra dibangkitkan dari kuburnya melalui kerja sama dengan BMW, pertanyaan mengenai apakah MR2 akan dihidupkan lagi menjadi pertanyaan Auto Industriya baru-baru ini saat bertemu dengan Tetsuya Tada, Chief Engineer Officer Toyota Motor Corporation.

Sayangnya, Tada tidak menjawab apakah MR2 bakal menyusul Supra yang hadir kembali di pasar otomotif global. Akan tetapi, ia mau diajak berandai-andai pabrikan otomotif apa yang akan mereka gandeng, seandainya MR2 muncul kembali.

Porsche,” kata dia tegas.

Sebagai informasi, MR2 pertama kali terjun di pasar pada 1984. Model itu kemudian malang-melintang di jagad otomotif global hingga berhenti diproduksi pada 2007 yang notabene merupakan generasi ketiga.

MR2 merupakan mobil sport dua pintu, mid-engine (posisi mesin berada di tengah), dengan sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive). Seandainya Toyota dan Porsche jadi bekerja sama, bisa salah MR2 berbagai komponen dengan Cayman atau pun Boxster yang merupakan mobil sport mid-engine kepunyaan milik merek asal Jerman tersebut.

Toyota selalu merangkul merek otomotif lain untuk membuat mobil-mobil sport terkini mereka. Di daftar pertama tentu saja adalah Subaru.

Mobil sport Subaru, BRZ, dicomot dan diganti label menjadi Toyota 86. Kemudian, ada BMW Z4 dengan Supra yang dikembangkan bersama-sama dan berbagi komponen.

Untuk mobil-mobil produksi massal pun, salah satu merek roda terlaris dunia ini sudah tak segan lagi berbagi sumber daya dengan pihak lain. Contoh terbaru adalah Yaris generasi terbaru yang muncul melalui kerja sama dengan Mazda2. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support