Kesan Mantan Pembalap F1 Rio Haryanto 2 Bulan Pakai C-HR Hybrid

Berita Otomotif

Kesan Mantan Pembalap F1 Rio Haryanto 2 Bulan Pakai C-HR Hybrid

TANGERANG - Rio Haryanto, mantan pembalap Formula One asal Indonesia, merasa Toyota C-HR hybrid lebih bertenaga tapi irit bensin.

Sekadar mengingatkan, C-HR hybrid merupakan mobil berbahan bakar alternatif terbaru Toyota di Indonesia yang meluncur pada 22 April. Model hybrid termurah di Tanah Air ini melengkapi C-HR bermesin konvensional yang telah meluncur setahun sebelumnya. Jika melihat situs resmi Toyota, harga on-the-road Jakartanya Rp 523,35 juta.

Rio Haryanto sendiri menjadi konsumen pertama C-HR hybrid. Ia membelinya secara kontan, tanpa kredit.

Dua bulan lebih menggunakannya untuk beraktivitas di Jakarta, pembalap yang kini sedang mengikuti ajang balap GT World Challenge Asia tersebut merasakan C-HR hybrid punya tenaga yang kuat karena didukung dua sistem penggerak. Sasisnya pun rigid, dengan handling yang asyik dan suspensi tangguh.

“Dari segi sasis, saya merasa ini seperti mobil-mobil Eropa,” tandasnya dalam konferensi pers Toyota di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada Jumat (19/7/2019) di Serpong, Tangerang.

C-HR hybrid memadukan mesin bensin konvensional dengan baterai dan motor listrik. Mesin konvensionalnya berkode 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.798 cc dengan tenaga 139hp dan torsi 141 Nm. Sementara, motor listriknya berdaya 35,5 hp.

Meski demikian, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) C-HR hybrid dirasa sangat irit.

“Apalagi di Jakarta, kalau punya hybrid akan sangat mengirit bensin. Mungkin pada saat jalan ramai dan macet penghematan konsumsi BBM-nya akan lebih terasa,” paparnya.

Satu keunggulan lain adalah getaran yang minim plus suara lebih senyap. Ini karena hybrid Toyota dalam situasi tertentu hanya bekerja dengan menggunakan motor listrik.

“Saat saya jalan dengan Ayah dan mama menggunakan ini (C-HR hybrid), mereka malah sempat menanyakan ‘ ini mesinnya sudah menyala, belum sih,” akunya.

Berdasarkan data internal hasil pengetesan Toyota sendiri, konsumsi BBM kombinasi (jalan tol serta dalam kota) bisa mencapai 20,8 km/liter. Sebagai perbandingan, konsumsi BBM C-HR hybrid adalah 12,3 km/liter.

Hal terakhir yang menenangkannya adalah jaringan purnajual Toyota yang banyak.

“Saya yakin suku cadang juga sangat mudah didapat dari dealer Toyota. Jadi kalau untuk purnajual ya seperti mobil Toyota lain,” tukasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar