Toyota Fortuner Hybrid Meluncur 2023, dari Thailand ke Indonesia?

Berita Otomotif

Toyota Fortuner Hybrid Meluncur 2023, dari Thailand ke Indonesia?

BANGKOK - Alih-alih menunggu Toyota Fortuner Hybrid meluncur tahun ini, kabar teranyar justru menyebutkan SUV tangguh ini pada 2023 mendatang.

Bukan cuma soal waktu peluncurannya yang berubah, update teknologi hybrid pun disebutkan salah satu media Thailand, Highlightmag, Jumat (27/5/2022).

Di sana mereka menyebutkan bahwa narasumber yang ditemuinya mengatakan Fortuner tidak mengadopsi teknologi full-hybrid melainkan mild hybrid.

Nantinya teknologi mild hybrid tersebut akan dikawinkan dengan mesin 1GD-FTV 2.8-liter turbocharger.

Proses "pengkawinan" tersebut pun akan menggunakan alternator khusus ISG seperti yang digunakan Geely dan Suzuki.

Dengan sistem mild hybrid, Toyota Fortuner akan bisa mengumpulkan energi gerak (kinetik) saat deselerasi atau pengereman. Hal ini bisa memberikan torsi tambahan dan mengurangi konsumsi BBM lewat sistem start/stop otomatis.

Jika memang benar adanya demikian, alhasil Fortuner akan menjadi model pertama Toyota yang menggunakan teknologi mild hybrid. 

Kendati terdapat pembaruan info terkait teknologi penggerak, Toyota Fortuner Hybrid masih dikatakan akan menggunakan platform TNGA-F.

Toyota Fortuner Hybrid besar kemungkinan segera meluncur pada awal 2023 di Thailand. Tak lama dari itu, negara-negara ASEAN lainnya akan segera meluncurkan SUV ini, termasuk Indonesia.

Basis Toyota Fortuner sendiri sama dengan yang dimiliki Toyota Innova. Oleh karenanya tidak ada salah jika memperdiksi bahwa Innova pun akan mengadopsi teknologi hybrid ini. 

Bedanya, mungkin ada pada kapasitas mesin yang hanya 2.4L. [Dms]

 >>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<




Berita Utama


Komentar